» » » Kabagops Polres Sanggau Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Distribusi Logistik dan Keuangan Adhoc Pemilu 2024

Kabagops Polres Sanggau Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Distribusi Logistik dan Keuangan Adhoc Pemilu 2024

Penulis By on Senin, 29 Januari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Hamoni Hotel Meldy Sanggau dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi kesiapan distribusi logistik dan keuangan Adhoc Pemilu 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto, SH, didampingi Komisioner KPU Kabupaten Sanggau Edy Rahmansana, SP, Iis Supianto dan Suwindari, SE, serta dihadiri Kabagops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M. AP, Sekretaris Bawaslu Kabupaten Sanggau Amin Syukur, S. Pd, Kabid Orpol Kesbangpol Kabupaten Sanggau Martinus Dop dan seluruh PPK beserta Sekretariat se Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut Komisioner KPU Kabupaten Sanggau dalam pembukaan kegiatan menyampaikan ucapan puji syukur dan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah hadir serta melakukan pengabsenan terhadap seluruh PPK dan Sekretariat se-Kabupaten Sanggau.

Dirinya meminta agar para PPK dapat menanamkan dalam hati bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 mudah untuk dilaksanakan sehingga tidak menjadi beban dalam pelaksanaan tugas.

“Tetap jaga netralitas dan jangan tergiur dengan pihak yang menjanjikan / mengiming-imingi sesuatu, pada pelaksanaan Pemilu 2024,” ucapnya.

Edy Rahmansana juga mengatakan bahwa KPU siap mem-backup para PPK jika telah berkerja dengan prosedur dan mMengingatkan kepada PPK untuk tidak berselisih paham kepada Sekretariat dan saling bahu-membahu dalam pelaksanaan tugas.

“Dalam kegiatan ini diharapkan para PPK dapat memahami berbagai jenis logistik Pemilu yang ada. Diharapkan para PPK dapat mengikuti kegiatan rapat koordinasi dengan baik,” pungkasnya.

Sementara Kabagops Polres Sanggau dalam kesempatan tersebut menyampaikan terkait perkembangan distribusi logistik Pemilu 2024.


Kompol Wahyu mengatakan bahwa perkembangan terkini OMB yaitu data logistik KPU Sanggau yang telah tiba. Kuat Personil Polres Sanggau yang siap melaksanakan Pengamanan Pemilu 2024 yaitu sebanyak 436 Personil.

Dalam kegiatan tersebut juga, Kabagops memaparkan ploting Personil pada tanggal 14 Februari 2024 di seluruh Kecamatan Kabupaten Sanggau serta Sarpas pendukung sebagai kesiapan perorangan Pengamanan Pemilu 2024 yang telah di distribusikan oleh Logistik Polda dan telah di terima Polres Sanggau diantaranya jas hujan, kaos kaki dan tas ransel.

Kabagops juga menyampaikan antisipasi dan upaya TPS rawan banjir Pemilu 2024 Kabupaten Sanggau, diantaranya Antisipasi dengan cara melakukan monitoring update perkembangan situasi bencana alam serta menyiapkan posko dan sarpas tanggap darurat bencana alam.

“Melakukan koordinasi dengan KPU, PPK dan KPPS untuk menentukan alternatif pemindahan lokasi TPS dengan membuat 2 lokasi alternatif TPS yang akan digunakan apabila diprediksi H-2 masih terjadi bencana alam,” ucapnya.

“Untuk peta kerawanan pada saat pendistribusian logistik di seluruh wilayah Kabupaten Sanggau, diantaranya Alternatif lokasi TPS pada saat banjir, Rawan dalam kriteria jarak tempuh / sulit ditempuh, Rawan berpotensi terdampak banjir, perkembangan situasi banjir di Kabupaten Sanggau yang telah mengalami penurunan signifikan, spesifikasi Pola PAM TPS Pemilu 2024 Kabupaten Sanggau, pelibatan kuat Instansi Terkait diantaranya TNI, Pol PP dan Puskesmas serta menyampaikan rencana pergeseran Personil PAM TPS,” tukas Kompol Wahyu.

Kegiatan dilanjutkan diskusi dengan tema Rencana distribusi logistik Pemilu 2024, Peta wilayah sulit distribusi dan rawan geografis, Pengawasan distribusi logistic serta Anggaran dan pertanggungjawaban LPJ Badan Adhoc Pemilu 2024.

Rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi sehingga pendistribusian logistik Pemilu 2024 Kabupaten Sanggau dapat berjalan lancar dan sesuai dengan pertanggungjawaban.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya