» » » Rapat Koordinasi Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Kapuas

Rapat Koordinasi Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Kapuas

Penulis By on Minggu, 18 Februari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Kantor Camat Kapuas telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Kapuas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kapuas Yoka, SH, Danramil Kapuas Kapten Inf. Eko Prasetyo, Kapolsek Kapuas Iptu Marianus, Kepala Puskesmas Kapuas dr. Yuliana Exlasia dan Ketua PPK Kapuas Sdr. Wahyudi beserta jajarannya.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut, Camat Kapuas mengatakan kegiatan pertemuan dalam rangka final cek terkait hal-hal yang perlu disiapkan menjelang pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Kapuas.

“Diharapkan pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi dapat berjalan dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku,” ucapnya.

Yoka menjelaskan Secara umum PPK Kapuas telah siap melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi. “Untuk pelaksanaan Pleno pada hari Senin tanggal 19 tanggal 2024 dimulai jam 09.00 WIB. Agar kesediaan Kapolsek dapat memaparkan terkait pengamanan,” tukasnya.

Ketua PPK Kapuas dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa yang wajib hadir dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi yaitu PPK, PPS, Panwas dan Saksi dari Parpol.

Wahyudi juga Memberikan gambaran penempatan bagi para peserta yang hadir serta telah menghimbau kepada PPS yang sesuai jadwal agar tepat waktu dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi.

“Pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi dilaksanakan secara santai namun tetap dengan serius. Dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi akan dibuka dan dibaca C Hasil Plano dari PPS yang telah dijadwalkan,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan teknis cara membacakan C Hasil Plano serta mengatakan bahwa PPK akan memberikan tanda pengenal bagi para saksi Parpol yang hadir.

“Jika dalam kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi terdapat selisih jumlah hasil maka akan dibicarakan secara langsung bersama semua pihak hingga mendapatkan kemufakatan dan permasalahan terselesaikan,” terangnya.

Wahyudi mengatakan bahwa pada tanggal 19 Februari 2024 kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi menggunakan metode 1 panel yang kemudian pada hari berikutnya menggunakan metode 2 panel. “Untuk posisi pengamanan dari TNI-Polri berada diluar ruangan Rapat Pleno Rekapitulasi PPK,” tukasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Kapuas mengatakan Tim Kesehatan pada Rapat Pleno Rekapitulasi PPK Kapuas dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Kapuas dan Puskesmas Tanjung Sekayam.

“Untuk Piket Tim Kesehatan dengan menggunakan sistem monitoring pada jam 09.00, 14.30 dan 17.30 WIB yang berada di Posko Ruang Sekcam Kapuas. Jika situasi ramai, maka petugas kesehatan akan Standby.

“Melihat situasi Rapat Pleno yang cukup lama, agar PPK dapat mengingatkan kepada jajarannya terkhusus yang memiliki penyakit kronis untuk terlebih dahulu meminum obat sebelum pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi serta di Posko Kesehatan telah disiapkan vitamin, infus dan oksigen,” tukasnya.

Terakhir Kapolsek Kapuas dalam kesempatan tersebut menyampaikan skenario pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi PPK Kapuas.

“Kami dari Polsek Kapuas telah membuat rencana pengamanan Rapat Pleno serta jumlah personil yang dilibatkan dalam pengamanan,” ucapnya.

Iptu Marianus menjamin dan memastikan keamanan saat sampai dengan selesai pelaksanaan pleno dilaksanakan.

“Kita akan menempatkan personil didalam ruangan, khusus personil yang berpakaian preman dalam rangka antisipasi gangguan Kamtibmas terhadap penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan Kapuas,” terangnya.

“Sementara penerapan SOP pengamanan dan bagi peserta yang akan masuk ruangan akan dilakukan pemeriksaan baik terhadap orang maupun barang bawaan secara humanis,” sambungnya.

Kapolsek juga menyampaikan lokasi parkiran bagi tamu yang hadir yaitu parkiran Taman Aronk Belopa.

“Saya meminta kepada semua peserta Rapat Pleno wajib menggunakan tanda pengenal sehingga mempermudah identifikasi serta akan memasang tenda pengamanan di Halaman Kantor Camat / Sekretariat PPK. Tanggung jawab keamanan berada di pihak Kepolisian dan Polsek Kapuas siap bersinergi bersama semua pihak dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi,” pungkasnya.

Rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi semua pihak sehingga pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK Kapuas dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya