» » » Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Tahun Anggaran 2024 di Polres Sanggau

Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Tahun Anggaran 2024 di Polres Sanggau

Penulis By on Senin, 22 April 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Tahun Anggaran 2024 di Polres Sanggau.

Tim Audit Itwasda Polda Kalbar Tahap I di Polres Sanggau dipimpin oleh KBP Agung Setyo Wahyudi, SH, S.I.K selaku Pengawas Tim II bersama Ketua Tim II AKBP R. Mochamad Sulaimanudin, Sekretaris Tim II Kompol Dedi Setiawan, S.I.P, Anggota Tim II, Penata TK I Aries Rizaldi, SE, Anggota Tim II Ipda Ady Irawan, S, ST, serta Operator Tim II Briptu Julian. R dan Briptu Disky Rivaldi.

Untuk di Polres Sanggau sendiri dihadiri Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Para PJU Polres Sanggau, Para Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Para Kaurmintu Satker Polres Sanggau serta Para Kasium, para Kanit Polsek jajaran Polres Sanggau.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau mengucapkan selamat datang kepada Tim Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian T.A. 2024 di Polres Sanggau, mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam penyambutan Tim di Wilkum Polres Sanggau.

“Kegiatan audit kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian T.A. 2024 dilaksanakan untuk melihat sejauh mana perencanaan dan pengorganisasian yang dilaksanakan Polres Sanggau dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kepolisian,” ucapnya.

AKBP Suparno mengatakan bahwa Polres Sanggau telah melaksanakan kegiatan Pra Audit untuk mempersiapkan administrasi bukti dukung berdasarkan kisi-kisi dari Itwasda Polda Kalbar.

“Terdapat 4 (empat) bidang obyek pemeriksaan yang diperiksa dalam audit kinerja ini yakni Bidang Opsnal, Bidang SDM, Bidang Garku dan Bidang Logistik,” terangnya.

Kapolres Sanggau meminta agar Satker Polres Sanggau dapat meminimalisir temuan pada setiap tahapan Pemeriksaan dalam pelaksanaan agar terwujudnya Polri yang lebih baik, yang tentunya masih ada kekurangan dan kelemahan yang perlu evaluasi dan perbaikan.

Sementara Pengawas Tim II Kombes Pol Agung Setyo Wahyudi dalam sambutannya mengatakan bahwa pada kesempatan ini kita melaksanakan Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian T.A. 2024, dalam rangka mewujudkan program tata kerja yang baik di lingkungan Polri dilaksanakan fungsi pengawasan dan kontrol dengan pelaksanaan Audit Kinerja.

“Cermati hasil pemeriksaan bersama Tim Audit, selanjutnya laksanakan rekomendasi setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh Tim Audit,” ungkapnya.


Kombes Pol Agung menjelaskan bahwa Audit kinerja merupakan langkah untuk meningkatkan pelaksanaan tugas Polri khususnya Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalbar dan sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam rangka menentukan kebijakan.

“Tingkatkan kinerja secara efisien dan efektif di bidang managemen operasional, SDM, logistik dan garkeu guna mewujudkan tata kerja pemerintahan yang bersih dan terencana, perencanaan yang baik menjadi patokan dalam mengarahkan kegiatan Polres Sanggau, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan efektif,” pesannya.

Dirinya mengatakan Adanya temuan dan rekomendasi pada Pemeriksaan dalam rangka pelaksanaan tugas Kepolisian yang lebih baik. Apabila ada yang kurang dipahami agar ditanyakan kepada Tim khususnya dalam aspek Perencanaan dan Pengorganisasian.

“Mari kita jadikan momentum Audit Kinerja Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian tahun 2024 ini sebagai sarana sharing, penyamaan persepsi dan perbaikan dalam pelaksanaan tugas kita menuju Polri yang lebih baik,” tukasnya.

Selanjutnya Ketua Tim II AKBP R. Mochamad Sulaimanudin dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa Audit kinerja merupakan langkah untuk meningkatkan pelaksanaan tugas Polri khususnya Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalbar dan sebagai bahan pertimbangan pimpinan dalam rangka menentukan kebijakan.

Dirinya mnjelaskan Penilaian terhadap rencana operasional yang telah disusun untuk mencapai tujuan strategis, termasuk alokasi sumber daya dan pengaturan kegiatan operasional.

“Evaluasi struktur organisasi Polres Sanggau, termasuk pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab setiap unit atau bagian dalam mencapai tujuan,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman dan pemeriksaan oleh tim Audit Itwasda Polda Kalbar Tahap I T.A 2024 terhadap Bag, Sat dan Sie Polres Sanggau, serta 15 (Lima Belas) Polsek jajaran Polres Sanggau.

Kegiatan Audit Kinerja Itwasda Polda Kalbar Tahap I T.A. 2024 oleh Itwasda Polda Kalbar dilaksanakan terhadap obyek pemeriksaan Bidang Opsnal, Bidang SDM, Bidang Garku dan Bidang Logistik, untuk mewujudkan program tata kerja yang baik, bersih dan terencana di lingkungan Polri.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya