» » » Polres Sanggau Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Ketupat Kapuas 2024

Polres Sanggau Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Ketupat Kapuas 2024

Penulis By on Selasa, 02 April 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops “Ketupat Kapuas 2024”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Tapem Setda Bupati Sanggau Willhelmus Djauharie, S. Sos, MM, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Kaur Peg, Keu dan PNBP Kejari Sanggau M. Hifran Saputra, SH., Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau Kapten (Inf) M. Yunus, Hakim Pengadilan Negeri Sanggau Muhammad Nur Hafizh, SH, Para PJU Polres Sanggau dan Kapolsek Jajaran Polres Sanggau.

Dalam arahan dan sambutannya, Kabag Tapem Setda Bupati Sanggau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta Rapat Koordinasi, Forkopimda, Kepala OPD, Instansi atau yang mewakili yang telah hadir dalam kegiatan ini, dalam kesempatan ini akan membahas ersiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Sanggau.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, menjadi perhatian bahwa kesiapan Pemerintah Daerah dan Instansi terkait dalam Perayaan Hari Raya Idul Fitri yang menjadi perhatian Nasional.

“Terimakasih untuk Disperindagkop dan UM serta Jajaran Pemerintah telah melaksanakan operasi pasar sebagai upaya menstabilkan harga kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024, dan juga kegiatan-kegiatan berupa pengecekan ketersediaan dan Perkembangan Harga kebutuhan pokok Masyarakat,” ungkap Willhelmus.

“Harapan saya kita semua dapat bekerjasama dalam pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri seperti pada tahun-tahun sebelumnya di Kabupaten Sanggau, di setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak pernah ada masalah maupun Gangguan Kamtibmas, Mari kita saling bahu membahu bersama mensukseskan perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024,” tukasnya.

Sementara Wakapolres Sanggau mengatakan dalam kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 Polres Sanggau telah melaksanakan beberapa persiapan Pengamanan dengan membuat Rencana Pengamanan.


“Dalam rapat Koordinasi ini akan dibahas beberapa isu strategis di Kabupaten Sanggau yang berpotensi mengganggu jalannya Perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024, untuk dapat diambil saran pendapat para peserta guna menentukan langkah dan kebijakan,” terangnya.

Kompol Yafet menjelaskan tujuan pelaksanaan Operasi untuk terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat serta situasi kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif sebelum, pada saat dan sesudah Perayaan Hari Raya Idul Fitri serta terwujudnya situasi dan kondisi Kamseltibcarlantas yang aman, lancar dan tertib baik sebelum, pada saat dan sesudah Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024.

“Untuk Rencana Pelibatan Personel Pospam dan Pos Terpadu Ops Ketupat Kapuas 2024, antara lain Pos Terpadu PLBN Entikong di Kecamatan Entikong, Pos Pam Simpang Ampar di Kecamatan Tayan Hilir, Pos Pam Simpang Sosok di Kecamatan Tayan Hulu, Pos Pam Pasar Pujasera di Kecamatan Kapuas, dan Pos Pam Bodok di Kecamatan Parindu dengan total pelibatan personil sebanyak 305 Personil,” terangnya.

Wakapolres Sanggau juga menyampaikan perbandingan Gangguan Kamtibmas, Potensi Kerawanan dan Kemacetan Lalu Lintas dan Perkiraan Ancaman Gangguan Lainnya dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 serta langkah-langkah yang disiapkan dalam mengantisipasinya.

“Antisipasi Perubahan Cuaca Ekstrim, kemungkinan terjadinya bencana alam Banjir dan Tanah Longsor yang dapat mengganggu jalannya perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024,” pungkasnya.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir dan pola tindak Pemangku Kepentingan dan Instansi Terkait dalam menyikapi perkembangan situasi di Kabupaten Sanggau pada saat Perayaan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 di Kabupaten Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya