» » » Blue Night Patrol Polsek Entikong Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Blue Night Patrol Polsek Entikong Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Penulis By on Kamis, 15 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Guna menjaga situasi yang aman, kondusif dan mencegah tindak kejahatan pada malam hari, Polsek Entikong Polres Sanggau melaksanakan “Blue Light Patrol”, atau patroli pada malam hari dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru.

Tiga personil petugas piket jaga SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polsek Entikong yang dipimpin oleh Bripda Aris Setiawan, melaksanakan Patroli pada malam hari yang di mulai pukul 23.00 sampai dengan selesai, kegiatan Patroli di fokuskan pada tempat tempat rawan gangguan kamtibmas, yaitu di pertokoan swalayan pusat perbelanjaan dan obyek vital, Perbankan, maupun SPBU, Wilayah Kecamatan Entikong, Rabu, (14/02/2018).


Petugas Patroli dari piket SPKT Polsek Entikong Bripda Aris Setiawan, mengatakan “Blue Light Patrol atau Patroli pada malam hari dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan di malam hari, dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru pada saat melakukan patroli malam hari terutama ditempat tempat rawan 3C (Pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor), di pusat-pusat perbelanjaan, maupun di tempat obyek vital Atm Perbankan hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan tindakan preventif atau mencegah sebelum terjadinya suatu tindak kejahatan,” kata Bripda Aris Setiawan selaku petugas Patroli.

Selama kegiatan berlangsung, tidak ada hal-hal menonjol yang ditemukan. Selanjutnya Petugas Patroli mendatangi pos  Security PLBN Entikong. Disana petugas patroli melakukan koordinasi dengan security PLBN Entikong agar segera melaporkan ke piket Polsek Entikong apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan di PLBN Entikong.

Kegiatan Patroli pada malam hari dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru atau dengan “blue light patrol”, masyarakat akan banyak yang mengetahui ada kehadiran polisi di sekitarnya sehingga jika ada seseorang yang berniat jahat, ia akan membatalkan niat jahatnya karena merasa ada kehadiran Polisi disekitarnya yang mengamankan dan mengawasi tempat atau kokasi tersebut.

“Kegiatan Blue Night Patrol selesai pukul 01.00 Wib, diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan tersebut dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti curat, curas, maupun curanmor di wilayah Polsek Entikong” ujar Bripda Aris Setiawan.

Penulis : Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya