» » » Satu Kompi Pasukan Amankan Penetapan Calon Bupati Dan Wakil Bupati

Satu Kompi Pasukan Amankan Penetapan Calon Bupati Dan Wakil Bupati

Penulis By on Senin, 12 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Polisi Resor (Polres) Kabupaten Sanggau mengerahkan satu kompi personel dalam rangka mengamankan penetapan calan bupati dan wakil bupati setempat yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantornya, Senin tanggal 12 Februari (besok).

“Kami terjunkan satu kompi pasukan dibantu TNI,” kata Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan, Minggu (11/02/2018).

Untuk cipta kondisi jelang penetapan, Kapolres telah memerintahkan anggotanya hingga di Polsek - Polsek untuk mengintensifkan patroli.

"Patroli cipta kondisi tetap kita lakukan sebelum moment Pilkada, hanya saja saat ini lebih kita intensifkan," kata Kapolres.

Kapolres mengingatkan tidak adanya mobilisasi massa yang berlebihan. Karena dikhawatirkan dapat memicu hal -hal yang tidak diinginkan. Kepada masing - masing pasangan Calon diminta mematuhi aturan KPU yang telah disepakati, khususnya terkait jumlah masa yang hadir besok.

"Kesepakatan yang kita buat bersama itukan masing - masing tim membawa 20 orang ditambah bakal pasangan calon, sebaiknya jangan lebih dari itu," harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sanggau, Sekundus Ritih menyampaikan tidak ada persiapan khusus pada acara penetapan besok. Berdasarkan kesepakatan yang telah ditandatangani timses dengan KPU, Panwaslu dan pemerintah daerah serta perwakilan media beberapa waktu lalu disepakati bahwa penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 akan dilaksanakan di ruang rapat KPU Sanggau pada hari Senin tanggal 12 Februari 2818 pukul 14.00 Wib. Untuk peserta yaitu dua orang pasangan calon ditambah 20 orang tim pasangan calon dan undangan lainnya.

Untuk pengundian nomor urut, lanjutnya, akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Februari 2018 pukul 14.00 Wib di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Sanggau. Untuk undangan yaitu dua orang pasangan calon, 200 orang dari masing - masing tim pasangan calon dan 100 orang dari masyarakat dan undangan lainnya.

Sekundus menambahkan, untuk kampanye deklarasi damai akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 Februari 2018 pukul 14.00 Wib dengan jumlah peserta dua orang pasangan calon ditambah 200 orang dari masing - masing pasangan calon dan 100 orang dari masyarakat. Acara deklarasi kampanye damai tersebut disi dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi kampanye damai yang dilanjutkan dengan doa bersama oleh lima tokoh agama berbeda dan ditutup dengan pawai bersama.

"Para peserta diminta menggunakan pakaian daerah masing - masing," pesannya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya