» » » Antisipasi Karhutla, Polsek Parindu Maksimalkan Peran Bhabinkamtibmas

Antisipasi Karhutla, Polsek Parindu Maksimalkan Peran Bhabinkamtibmas

Penulis By on Senin, 12 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Menghadapi perubahan musim yang sedang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau saat ini, dari musim penghujan ke musim kemarau, Polsek Parindu mempersiapkan diri untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini, Polsek Parindu berupaya lebih memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas yang dimiliki Polsek Parindu. Adapun beberapa hal yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Parindu adalah mengadakan kegiatan penyuluhan, dan kampanye / sosialisasi pencegahan di masing - masing desa binaannya. Sabtu (11/02/2018).


Kapolsek Parindu IPTU Hariyanto menerangkan bahwa, Polsek Parindu saat ini telah meningkatkan kegiatan untuk pencegahan Karhutla, antara lain dengan memberikan himbauan kepada warga desa pada saat DDS, memberikan sosialisasi kepada warga tentang Karhutla, serta dengan memberikan masukan kepada warga / perangkat desa untuk membuat embung / cekungan / kolam untuk menampung suplai air di sekitar lokasi yang dianggap rawan terjadi nya kebakaran lahan.

Mengingat luasnya wilayah kecamatan Parindu yang terdiri dari 14 Desa, serta keterbatasan jumlah personil yang dimiliki Polsek Parindu, dan di beberapa desa masih ada masyarakat yang mengolah tanah / bercocok tanam dengan membuat ladang berpindah, maka Kapolsek Parindu menghimbau kepada warga untuk tidak membakar lahan.

Tentunya hal ini bertujuan baik karena selain untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan tehadap warga akibat dampak buruk dari asap kebakaran hutan dan lahan, juga diharapkan agar warga dapat menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan alam yang ada di wilayah Kecamatan Parindu.




Penulis : Yoseph Siwi
Publish : Denny Ard
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya