» » » Tim Biro SDM Polda Kalbar Sosialisasi Rekrutmen Anggota Polri di SMAN 02 Sekayam

Tim Biro SDM Polda Kalbar Sosialisasi Rekrutmen Anggota Polri di SMAN 02 Sekayam

Penulis By on Jumat, 23 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalbar bersama Bagsumda Polres Sanggau melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penerimaan terpadu calon anggota polri Akpol,  Bintara, dan Tamtama T.A 2018, Jumat (23/02) pagi.

Sosialisasi penerimaan Akpol,  Bintara, dan Tamtama Polri T.A 2018 dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sekayam.

Melulai kegiatan, Aiptu Sapti Widada selaku Kanitbunmas Polsek Sekayam mengatakan agar yang hadir di sini diharapkan memperhatikan apa yang disampaikan oleh tim, diikuti dengan baik yang akan disosialisasikan dan gunakan kesempatan bertanya kepada tim Biro SDM Polda Kalbar jika belum faham.

Dalam kegiatan yang dihadiri 120 Siswa-siswi SMA Negeri 02 Sekayam tersebut Iptu Narko Diantoro S.H menyampaikan Penerimaan Anggota Polri Baik Akpol, Brigadir maupun Tamtama Gratis tidak di pungut biaya. 

"Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini guna memberikan gambaran penerimaan anggota Polri Tahun 2018, dengan kriteria yaitu dari lulusan SMA/SMK/MA sederajat berumur 17 tahun dan maksimal 21 tahun 8 bulan pada saat masuk Pendidikan", jelanya.

Sedangkan untuk persyaratan umum, lanjutnya, yaitu warga negara Republik Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan YME dan sebagainya.

"Mereka yang akan mendaftar, tidak bertindik untuk laki-laki serta tidak bertato dan berkacamata baik Putra maupun Putri," ujarnya.

Lebih lanjut, Iptu Narko Diantoro S.H menerangkan tim sosialisasi memberikan materi, pertama; pengetahuan tentang Pratest kesehatan dan kesehatan tahap 2 yang dipaparkan oleh AKBP Dr. Antoni Miftah dari Biddokes Polda Lampung. kedua; materi oleh Kompol Haruniaty menjelaskan persyaratan umum dan khusus masuk dalam Anggota Polri, ketiga; Kompol Ika menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan test psikologi dan yang terakhir Kompol Fauziah, SH. MH menjelaskan tentang pelaksanan test kesampataan jasmani.

“Pendaftaran dilakukan secara Online melalui Website resmi dengan alamat http://penerimaan.polri.go.id/ atau melalui call center 0813 5175 5598,” lanjutnya.

Penerimaan Polri sebagaimana pimpinan Polda telah menjelaskan pelaksanaan tugas yakni Promoter (profesional, moderen dan terpercaya) artinya untuk pelaksanan perekrutan polri bahwa polri sudah berubah melalui revolusi mental.

"Ketika pendaftaran polri ini menggunakan asas BETAH yaitu Bersih dari KKN dan nepotisme kemudian Transparan dalam pembukaan kemudian Akuntabel dapat di pertanggung jawabkan data dan fakta dan Humanis dapat mensejajarkan terhadap manusia serta memberikan pelayanan prima", tandasnya. 

Menanggapi kegiatan sosialisasi penerimaan Polri 2018, Kepala Sekolah SMAN 2 Sekayam, M. Tarmudi, S. Pd sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut. “Kegiatan yang bagus terlebih untuk para murid yang bercita-cita menjadi polri, jadi mereka punya gambaran, sehingga di waktu seleksi tidak binggung", pungkasnya.



Penulis : Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya