» » » Utamakan Keselamatan Lalulintas demi Kepentingan Bersama

Utamakan Keselamatan Lalulintas demi Kepentingan Bersama

Penulis By on Kamis, 15 Februari 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Dewasa ini jumlah keberadaan kendara bermotor telah tersebar dengan rata dan hampir sebanding dengan jumlah penduduk dari kota hingga ke desa. Kendaraan tersebut berinovasi sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pangsa pasar. Namun sangat disayangkan sekali hal tersebut tidak sejalan dengan kebiasaan para pengendara kendaraan bermotor untuk mentaati peraturan lalulintas. Bak ibarat pepatah lama, "Ala bisa Karena Biasa". Kata itulah yang patut menjadi patokan bagi pengguna kendaraan bermotor dalam berlalu lintas. Kedisiplinan berlalulintas bukanlah hal yang mudah, bila tidak disertai dengan niat yang tulus dari dalam hati sanubari pengendara bermotor.

Menjadi suatu kebiasaan buruk bagi pengendara kendaraan bermotor yang sering kali tidak menggunakan helm standar ganda baik disengaja maupun tidak disengaja. Berbagai alasan yang timbul dari pengguna kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm standar, padahal menggunakan helm standar ganda itu adalah untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain yang ditumpangi.

Tercatat jumlah kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Sanggau pada tahun 2016 sebanyak 1 kali dan pada tahun 2017 jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 3 kali dengan korban meninggal dunia 1 orang. Kenaikan jumlah kecelakaan lalulintas tersebut dinilai sangat signifikan, adapun penyebab kecelakaan tersebut terjadi akibat kebiasaan pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm standard dan mengendarai kendaraan bermotor dengan kecepatan yang sangat laju tanpa memikirkan keselamatan orang lain.

Delema diatas menjadi tantangan bagi Polri secara umum dan Polsek Meliau secara khusus untuk "Mendisiplinkan Pengguna Kendaraan Bermotor dan Menjadikan Kecamatan Meliau Sebagau Kecamatan Tertib Lalulintas" dengan cara melaksanakan strongpoint, sosialisasi tata tertib berlalu lintas sejak dini, memberikan penyuluhan kepada pengendara kendaraan bermotor, serta memberikan teguran dan tindakan tegas kepada para pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm standar ganda baik disengaja maupun tidak disengaja.

Usaha tersebut secara bertahap dilaksanakan oleh Kapolsek Meliau beserta seluruh anggota Polsek Meliau kepada pengendara kendaraan bermotor dengan rasa sabar dan ikhlas, alhasil usaha tersebut membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Secara perlahan-lahan pengendara kendaraan bermotor di Wilkum Polsek Meliau mulai sadar dan disiplin dalam berlalulintas, khusunya menggunakan helm standar dan mematuhi peraturan berlalulintas.

"Ini semua kami lakulan karena kami cinta dengan warga kami terutama para pengguna kendaraan bermotor, tiada kata terlambat untuk membiasakan sikap disiplin berlalu lintas, bak ibarat kata Bila mencari barang bisa dibeli, tapi kalau kepala, tangan, kaki, apalagi nyawa dan keselamatan tidak ada yang jual". Tegas Kapolsek Meliau kepada salah seorang tokoh masyarakat Meliau.

Bila sudah terjadi korban jiwa akibat laka lantas untuk apa disesali, lebih baik kita mencegah dari pada menanggulangi. Hal tersebut disambut baik oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan seluruh warga masyarakat Meliau untuk menjadikan Meliau sebagai kecamatan tertib lalulintas.

Penulis : Nikson Bulan
Publish : Denny Ard
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya