» » » Kapolres Sanggau Buka Kontes Durian di Kecamatan Sekayam

Kapolres Sanggau Buka Kontes Durian di Kecamatan Sekayam

Penulis By on Senin, 30 Juli 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Digelar festival kontes durian unggul asli Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bertempat halaman Kantor Camat Sekayam, Jum’at pagi (27/7/2018) pukul 09.00 Wib.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S. IK, MH, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan RI DR. Ir. Suwandi, M. Si, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar Heronimus Hero, SP, M. Si, Dandim Sanggau Letkol Inf,Herry Purwanto, S. Sos beserta Ibu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Ir. H. John Hendri, M. Si, Karim selaku Dewan Juri dari Palembang, Tirto selaku Dewan Juri dari Surabaya, Tamron selaku Dewan Juri dari Bangka Belitung, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau dan masyarakat diluar Kabupaten Sanggau serta masyarakat luar Negeri Mr. Yoachim dari Belgia dan Mr. Erick dari Perancis selaku pencinta buah durian Indonesia yang ikut serta dalam memeriahkan festival kontes durian unggul asli Kabupaten Sanggau Provinsi Kalbar.


Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Kapolres Sanggau dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kontes durian mengatakan Diselenggaranya kontes durian ini untuk dapat melestarikan plasma nutfah tanaman durian unggul yang ada diwilayah Kalbar dan dapat mencari potensi durian terbaik untuk dijadikan sebagai sumber pohon induk yang diharapkan kedepannya akan menjadi buah unggul andalan Kalbar khususnya dan Indonesia umumnya dengan spesifikasi standar layak ekspor.

“Melihat kenyataan serta situasi dilapangan dimana populasi pohon durian di Kalbar semakin berkurang, yang disebabkan oleh perluasan areal, alih fungsi tanaman lain dan penebangan pohon durian untuk dijadikan balok-balok kayu komersil sebagai bahan baku bangunan, yang mana perihal tersebut dapat mengancam populasi pohon durian dan hilangnya plasma nutfah pohon durian unggul,” ujarnya.


Lanjutnya, Imam Riyadi mengatakan maka dengan ini bermaksud untuk mengajak seluruh elemen masyarakat maupun instansi Pemerintah untuk bersama-sama melestarikan plasma nutfah pohon durian yang tersisa menjadikan buah unggul yang potensial dan bernilai ekonomi tinggi.

Kecamatan Sekayam merupakan Kecamatan yang memiliki ratusan jenis durian yang masih alami berada dihutan, dengan usia pohon lebih seratus tahun, karena tanahnya subur maka hasil durian dari Balai Karangan dan sekitarnya mampu mengisi pasar Pontianak dan Negara Malaysia. Sehingga varietas durian Sanggau telah diakui oleh Kementerian Pertanian dan sudah diberikan sertifikat sebagai durian unggul Nasional.

“Saya berharap dengan diselenggaranya kontes durian ini bukan hanya sekedar jualan, tetapi juga menjadi ajang edukasi bagi masyarakat agar  lebih peduli dengan buah lokalnya sendiri.” harapnya.


Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya