» » Polsek Mukok Melaksanakan Patroli Terpadu Dalam Penanggulangan Karhutla

Polsek Mukok Melaksanakan Patroli Terpadu Dalam Penanggulangan Karhutla

Penulis By on Selasa, 03 Juli 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui patroli terpadu, dimana patroli ini merupakan salah satu terobosan dalam pelibatan berbagai pihak. Patroli terpadu terdiri atas 6 (enam) orang, yaitu Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK yang disebut Manggala Agni, Polhut / Dinas terkait di daerah, Anggota TNI, Anggota POLRI, dan tokoh masyarakat formal / informal yang bisa juga oleh Masyarakat Peduli Api (MPA). Pelaksanaan dengan menggerakkan Anggota Patroli Pencegahan Terpadu secara bergilir pada sasaran terpilih, menggunakan kendaraan roda 2 (dua) dan atau moda transportasi lainnya untuk mencapai tujuan, Senin (02/02)


Dalam pelaksanaan harian Patroli dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain : melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat, mendatangi sasaran terpilih dan memberikan sosialisasi, penyuluhan, mengumpulkan informasi terkait kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, melakukan pemetaan kondisi desa baik fisik maupun permasalahan di bidang kebakaran hutan dan lahan, memantau kondisi lingkungan dan melakukan penandaan, melakukan pemadaman awal pada saat menemukan kebakaran.


Kegiatan patroli terpadu secara nyata berkontribusi dalam menekan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Belajar dari tahun 2016, KLHK kembali melaksanakan kegiatan ini dengan menambah jangkauan kerja dan mengoptimalkan upaya pencegahan kebakaran di tingkat tapak (lahan tempat tumbuh tanaman hutan). Sejak 18 Juli 2017, Patroli Terpadu Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017 di Kalimantan Barat sudah dimulai. Saat itu bertepatan pula dengan pelaksanaan Operasi Kepolisian Bina Karuna I Tahun 2017. 


Pelaksanaan patroli terpadu sebagai bentuk sinergitas berbagai pihak, hal ini dapat dilihat dari personil patroli terpadu yang melibatkan Anggota TNI, POLRI, dan juga masyarakat untuk turun bersama-sama ke masyarakat memberikan sosialisasi dan juga melalukan antisipasi dini dalam penanggulangan karhutla di wilayah-wilayah rawan karhutla.


Penulis  : Roy Marthen
Publish  : Humas Polres Sanggau


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya