» » » Ini Sepeda Motor Damkar Inovasi Polisi untuk Cegah Karhutla di Polsek Beduai

Ini Sepeda Motor Damkar Inovasi Polisi untuk Cegah Karhutla di Polsek Beduai

Penulis By on Senin, 13 Agustus 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Sepeda motor Damkar hasil inovasi dari Jajaran Polres Sanggau  Sektor Beduai dibuat bertujuan untuk mencegah tindak bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Setiap Polsek wajib membuat sepeda motor damkar yang tujuannya untuk mencegah terjadinya Karhutla," kata Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S, IK, MH.

Imam menjelaskan, fungsi utama sepeda motor damkar tersebut untuk menyasar bencana karhutla yang terjadi di dalam hutan, menggantikan mobil damkar yang tidak bisa masuk kelokasi kebakaran.

Satu unit kendaraan damkar itu digunakan oleh dua orang anggota kepolisian. Satu orang mengendalikan mesin sepeda motor damkar tersebut, sedang satunya lagi mengarahkan selang untuk melakukan pemadaman," katanya.


Temuan inovasi Kepolisian Sektor Beduai, lanjut dia, agar bisa ditularkan kepada setiap Kecamatan. Agar masyarakat dan pemerintah setempat bisa mencontoh dan memiliki ide baru mengenai pembuatan alat pemadam kebakaran.

“Kalau Pemda setempat mencontoh seperti punya kita, saya yakin bencana Karhutla bisa ditanggulangi kendati sering kali terjadi dibeberapa wilayah ditempat kita ini," ujarnya.

Ditambahkan Kapolres Sanggau, kebakaran hutan yang menjadi sasarannya sepeda motor damkar dan anggotanya, adalah karhutla yang baru saja terjadi.

"Sepeda motor ini di ciptakan untuk menanggulangi karhutla yang sifatnya baru terbakar. Saya sangat mengapresiasi sekali Jajaran Polsek Beduai yang mempunyai Inovasi Kreatif membuat sepeda motor damkar," pungkasnya.


Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya