» » » Kapolda Kalbar Berjibaku Padamkan Lahan Kebakaran

Kapolda Kalbar Berjibaku Padamkan Lahan Kebakaran

Penulis By on Jumat, 17 Agustus 2018 | No comments


Polda kalbar - Polres Sanggau - Sebuah informasi kebakaran lahan di Parit Haji Muksin II, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, begitu cepat menyebar. Hari itu, Kamis siang, 16 Agustus 2018, nomor call cantre layanan informasi di Mapolda Kalbar berbunyi. Isinya memberikan informasi adanya kebakaran lahan gambut seluas kurang lebih 5 hektare.          

Tanpa menunggu lama, personel Kepolisian Daerah Kalimantan Barat langung menuju lokasi kebakaran. Tak mau ketinggalan, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi  Drs Didi Haryono SH MH juga ikut terjun langsung ke lokasi memadamkan api bersama Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.


“Butuh waktu 3 jam lamanya, api dapat dipadamkan,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi  Drs Didi Haryono SH MH yang tengah sibuk memadam api di lokasi kebakaran lahan.

Jenderal bintang dua itu mengingatkan kepada personel yang memadamkan api, untuk hati-hati. Karena lahan yang terbakar adalah lahan gambut yang sulit dipadamkan. 


“Kepada petugas gabungan TNI-Polri dan juga pemadam kebakaran, untuk tetap utamakan keselamatan,” ucap Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi  Drs Didi Haryono SH MH.

Dijelaskan, bahwa tanah di Provisni Kalimantan Barat memiliki dua jenis, yaitu gambut dan mineral. “Pada saat memasuki musim kemarau lahan gambut berpotensi mudah terbakar. Satelit sangat sensitif saat menangkap titik panas, hal ini yang harus kita antisipasi karena memang Kalimantan Barat didominasi oleh lahan gambut," ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi  Drs Didi Haryono SH MH.


Efek dari bahaya kebakaran hutan dan lahan yang dapat ditimbulkan sangat banyak.  Pertama bagi pernapasan, terutama anak-anak yang rentan dan berakibat jangka panjang. Kedua transportasi dapat terganggu dan jika transportasi terganggung misalnya transportasi udara maka juga akan berdampak pada perkenomian.

“Jika ingin membuka lahan dapat digunakan dengan cara lain tidak harus dengan dibakar,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi  Drs Didi Haryono SH MH. 

Hingga kini, personel gabungan masih berada di lokasi. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kebakaran susulan. 





Penulis : Cucu Safiyudin S.Sos SH MH
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya