» » » Kapolres Sanggau Hadiri Pengukuhan Pengurus Forikan Tingkat Kecamatan

Kapolres Sanggau Hadiri Pengukuhan Pengurus Forikan Tingkat Kecamatan

Penulis By on Selasa, 21 Agustus 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Bertempat Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kantor Camat Kembayan, Digelar pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau, Senin siang (20/8) pukul 12.00 Wib.

Turut Hadir pada acara tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Ir. Jauhari, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH, Ketua Forikan Sanggau sekaligus Ketua TP-PKK Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Sanggau Kusbariah Ontot, Ketua DWP Sanggau Agnes Leysandri, S.Pd, Anggota DPRD Sanggau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan KabupatenSanggau Ir.H.Jhon Hendri, M.Si, Camat Kembayan Drs.Inosensius Nono, Para Camat, Forkompimcam, Kepala OPD atau yang mewakili, Anggota Bhayangkari Kecamatan Kembayan, Anggota Persit Kecamatan Kembayan sera para undangan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Forikan Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S. Pd, M. Si membacakan Keputusan serta secara resmi dikukuhkannya Pengurus Forikan tingkat Kecamatan dan dilanjutkan penandatangan Naskah Pengukuhan serta Penyematan Pin Forikan oleh Ketua Forikan Kabupaten Sanggau kepada pengurus Forikan Tingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau antara lain KecamatanKembayan, Kecamatan Beduai, Kecamatan Sekayam, Kecamatan Entikong dan Kecamatan Noyan.


Dalam Sambutannya, Ketua Forikan Kabupaten  Sanggau Arita Apolina, S. Pd, M. Si menyampaikan perlu diketahui bahwa sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau sudah dikukuhkan, dengan harapan yangvsudah dikukuhkan agar pengurus Forikan kabupaten ini memiliki program kerja yang terarah sehingga dapat mencapai tujuan utama forikan yaitu peningkatan konsumsi ikan khususnya KabupatenSanggau. Karena sampai tahun 2017 konsumsi ikan KabupatenSanggau baru mencapai 30 kg pertahun.

“Angka ini masih rendah dan jauh dari target nasional yaitu 40 kg pertahun. Salah satu upaya untuk meningkatka angka konsumsi ikan Kabupaten Sanggau ini adalah dengan pembentukkan pengurusan Forikan tingkat Kecamatan,” ujarnya.

Lanjutnya, Arita mengatakan dengan adanya pengurus Forikan tingkat kecamatan ini diharapkan Kecamatan juga dapat berperan aktif melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sampai ke desa-desa. “Adapun yang menjadi sasaran yaitu tujuan utama anak-anak usia sekolah, karena anak-anak ini kelak yang diharapkan menjadi generasi penerus Bangsa yang sehat, kuat dan cerdas,” ungkapnya.


Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Ir. Jauhari dalam sambutannya menyampaikan Harapan  dengan melalui lembaga ini kita bisa membantu untuk meningkat konsumsi ikan ditingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga di tingkat Desa. Kegiatan ini akan berhasil ketika akan melibatkan stakeholder dalam medukung kegiatan kampanye Gemarikan.

“Untuk itu mari kita bekerja Bapak dan Ibu yang baru saja di kukuhkan, untuk memimikirkan bagaimana ikan ini bisa di konsumsi dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat KabupatenSanggau,” ujarnya

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si menyampaikan melalui organisasi yang baru dikukuhkan ini untuk bisa memaksimalkan agar bagaimana masyarakat kita suka makan ikan, yang menjadi sasaran utama yaitu anak-anak masa pertumbuhan. Sehingga dapat terwujudnya masyarakat Kabupaten Sanggau yang sehat, kuat dan cerdas.


Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya