» » » Kapolres Sanggau Terjun ke Lokasi Padamkan Kebakaran Lahan

Kapolres Sanggau Terjun ke Lokasi Padamkan Kebakaran Lahan

Penulis By on Sabtu, 25 Agustus 2018 | No comments



Polda Kalbar - Polres Sanggau - Kebakaran lahan yang berada di samping jalan akses menuju jembatan Kapuas Tayan, Dusun Piasak, Desa Pedalaman, hingga saat ini belum berhasil dipadamkan secara total, genap dua hari sudah kejadiannya.

Radius kebakaran, cenderung meluas. Kondisi lahan bercampur gambut membuat petugas gabungan kewalahan menjinakan si jago merah tersebut.

Kabut asap menghiasi akses jalan menuju dan dari jembatan Kapuas Tayan siang itu. Abu dari api yang membakar semak-semak dan kayu lainnya bertebaran kemana-mana. Sejak pukul 17.50 Wib pada Jumat (23/08/2018)  Api terus beraksi di kawasan tersebut hingga menjalar. Penyebab kebakaran lahan gambut itu hingga kini belum dapat diketahui.

Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi ikut berjibaku berupaya memadamkan api. Bukan itu saja, Polres Sanggau menerjunkan tim untuk memadamkan api, sekaligus mewaspadai terjadinya kembali kebakaran lahan itu, mengingat hampir sebagian radius di lokasi tersebut merupakan wilayah gambut.


“Ya, Pak Kapolres dan tim Polres terjun ikut memadamkan api. Bahkan saat ini Kapolres Sanggau masih di lokasi kebakaran lahan itu,” ucap Aipda Rohibi Kanit Intelkam Polsek Tayan Hilir.

Panas api seolah biasa saja bagi para petugas pemadam gabungan. Mereka seakan terlihat tidak kelelahan berhadapan dengan api dan asap seharian. Demi untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan lahan tersebut.

Manager ER dan CSR PT ICA Heri S Sos selaku koordinator emergency respons group (ERG PT ICA-PT ANTAM) menuturkan, untuk saat ini pada malam hari upaya pemadaman dihentikan. Namun demikian peralatan termasuk mobil pemadam tetap berapa di dekat lokasi, sebagai upaya antisipasi.

“Karena kondisi malam, upaya pemadaman berupa penyemprotan dihentikan dulu. Khusus untuk peralatan ERG kami standby didekat lokasi lahan yang terbakar tersebut,” ujarnya.


Penulis : Denny Ardiyanto
Editor    : Alfian N / Nanang P
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya