» » » Apel Gelar Pasukan Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019 Kabupaten Sanggau

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Menghadapi Pemilu 2019 Kabupaten Sanggau

Penulis By on Jumat, 22 Maret 2019 | No comments


Polres Sanggau - Apel gelar pasukan berlangsung di Kompleks Taman Sabang Merah Sanggau, Jumat (22/3/2019). Apel dipimpin oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S. IP, M. SI, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, S.IK, MH dan Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu 2019.

Dalam apel, Bupati Sanggau Paolus Hadi membacakan amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.

Dalam amanatnya, Menkopolhukam Wiranto menyampaikan, Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan. Pemilu serentak kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia Internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin Nasionalnya.

Kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif diseluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya.

“Jumlah kekuatan prajurit TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 adalah sebanyak 453.133 orang didukung dengan Alutsista sesuai potensi kerawanan yang ada jumlah kekuatan TNI-Polri ini cukup besar. Hal ini kita laksanakan semata- mata menunjukkan bahwa negara dengan didukung oleh rakyatnya sangat serius dan bertanggungjawab agar gelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti guna memilih calon legislatif dan pemimpin nasional yang berintegritas,” katanya.


Sebagai prajurit TNI-Polri kita sepenuhnya menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019 adalah kehormatan dan kebanggaan, karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat yang dilibatkan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggungjawab, karena bagi Prajurit Bhayangkari Negara tugas adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya,” harapnya.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, agar seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum. Wujudkan sinergitas antara TNI-Polri dengan penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan  yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan  bersama.

Tidak kalah pentingnya untuk kita pahami, bagi seluruh prajurit TNI-Polri dimanapun saudara- saudara bertugas, disamping melaksanakan tugasnya mengamankan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, saudara- saudara juga harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan.

“Saya sangat meyakini bahwa unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada strata desa/kelurahan sangat menguasai situasi diwilayahnya. Dengan bekal inilah diharapkan saudara- saudara mampu menjaga stabillitas keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019,” kata Bupati Sanggau membacakan amanat Menkopolhukam.


Sebelum mengakhiri amanatnya, Menkopolhukam menyampaikan beberapa penekanan untuk kita  pedomani  bersama  dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019, diantaranya Pertama, Pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah yang akan mendapatkan  balasan  pahala  dari Tuhan Yang Maha Esa bila dilaksanakan dengan tulus ikhlas, Kedua, Jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI-Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna  mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas.

Ketiga, Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, Keempat, Tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku tehadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pemilu Serentak Tahun 2019, Kelima, Babinsa  dan  Bhabinkamtibmas  harus mampu ikut serta menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan menyebarnya berita-berita hoax serta menguatnya politik identitas yang dapat menggerus disintegrasi bangsa dan Keenam, Inventarisir dan berkoordinasi dengan tokoh  agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau Paolus Hadi memeriksa peralatan pengamanan Pemilu 2019 didampingi Kapolres dan Dandim.

Usai apel dilaksanakan Penandatanganan Deklarasi Kebhinekaan dan Pemilu Damai 2019 serta hiburan tarian kolosal dari berbagai Etnis dan hiburan lainnya.

Apel dihadiri Forkopimda Sanggau, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Perwakilan Partai Peserta Pemilu dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Penulis : Denny Ardiyanto

Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya