» » » Apel Besar Linmas, Simulasi Pemungutan Suara dan Pengamanan Pemilu 2019

Apel Besar Linmas, Simulasi Pemungutan Suara dan Pengamanan Pemilu 2019

Penulis By on Rabu, 10 April 2019 | No comments



Polres Sanggau - Menghadapi Pemilu yang tinggal menghitung hari, Polres Sanggau telah memetakan tingkat kerawanan menjadi tiga katagori, yakni rawan I, rawan II dan rawan III.
Menurut Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi rawan I adalah krimintalitas, rawan II yakni konflik sosial dan rawan III yaitu geografis.
“Pemetaan tingkat kerawanan berkaitan dengan pola pengamanan yang akan dilakukan,” katanya usai pelaksanaan Apel Besar Linmas, simulasi pasukan, Selasa (9/4).
Untuk rawan I dan II, Kapolres memastikan Kabupaten Sanggau relatif aman. Namun rawan III menjadi atensi khusus.
“Kita lihat karakteristik Kabupaten Sanggau yang begitu luas, kita sudah memetakan kurang lebih 35 TPS rawan III yaitu rawan geografis menjadi perhatian dan prioritas kami. Perlu penebalan-penebalan,” terangnya.

Ditegaskan Kapolres, pemetaan-pemetaan itu berdasarkan evaluasi Pilkada tahun lalu. Mengingat tahun lalu ada 40 TPS yang terjadi salah pembagiannya.
“Sehingga membutuhkan waktu untuk mengembalikan surat suara yang lebih ada di TPS lain. Jangan sampai hal serupa terulang kembali,” ia mengingatkan.
Lanjutnya, pelanggaran-pelanggaran yang masih terjadi. Kapolres mencontohkan pemilihan yang diwakilkan saat Pilkades Serentak tahun 2018 lalu yang berdampak pada digelarnya pemilihan ulang.
“Pemetaan ini, mulai Pilkada, Pilkades menjadi acuan kami, sehingga pemetaan kerawanan di Pemilu 2019 betul-betul kita lakukan antisipasi. Antisipasinya bagaimana, kita bekerjasama dengan stakeholder yang ada,” pungkasnya.
Maka, Polres Sanggau mengerahkan pengamanan pemilu yakni 2/3 dari kekuatan Polres atau kurang lebih 500 personel, ditambah Polda 600 personel dan dari TNI.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya