» » » Cegah penyelundupan jelang lebaran, Polsek Entikong intensifkan razia kendaraan

Cegah penyelundupan jelang lebaran, Polsek Entikong intensifkan razia kendaraan

Penulis By on Jumat, 24 Mei 2019 | No comments


Polsek Entikong, Polres Sanggau - Kebutuhan masyarakat perbatasan yang meningkat menjelang Idul Fitri, membuat pemasukan barang dari luar negeri juga meningkat. Kondisi itu berpotensi membuka celah pemasukan barang ilegal.

"Langkah antisipasi yang kami lakukan yaitu melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintasi PLBN Entikong, terutama yang berasal dari Malaysia menuju Indonesia," ungkap Kapolsek Entikong Kompol Amin Siddiq saat memimpin razia kendaraan dalam rangka cipta kondisi di Jalan Lintas Negara Malindo, Jumat (24/5/2019).


Dikatakan, sasaran pemeriksaan kendaraan ini lebih jauh adalah pemeriksaan orang maupun barang yang berada didalam sarana pengangkut tersebut. Pemeriksaan ini sudah dilakukan sejak awal Ramadan dan terus diintensifkan sampai menjelang Idul Fitri.

Kapolsek mengungkapkan, sejauh ini pemeriksaan yang dilakukan kepolisian terhadap kendaraan, penumpang dan barang penumpang tidak ditemukan sesuatu yang melanggar hukum.

Namun dari hasil patroli dijalur tikus dalam rangkaian cipta kondisi wilayah Entikong, polisi menemukan komoditas pangan ilegal yang hendak diselundupkan ke Indonesia.


"Dari patroli bersama lintas instansi tadi pagi kita menemukan sepuluh ikat telur di hutan disekitar PLBN, tapi pembawa barangnya melarikan diri," ujar dia.


Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan pengamanan dan pemeriksaan kepolisian dilakukan 24 jam. Untuk malam hari, tambah Amin, patroli dilakukan berkala pada waktu-waktu yang dianggap rawan.


"Kami mengedepankan anggota yang berpakaian bebas, supaya lebih mudah mengidentifikasi tindak kerawanan," imbuhnya.


Dari data Polsek terdapat sejumlah titik rawan di perbatasan Entikong, antara lain di Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan yang melintasi Dusun Panga, kemudian di belakang komplek Patoka serta di kiri dan kanan PLBN Entikong.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya