» » » Kapolres Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Kantor Bupati Sanggau

Kapolres Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Kantor Bupati Sanggau

Penulis By on Minggu, 02 Juni 2019 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau Akbp Imam Riyadi SIK MH menghadiri upacara peringatan hari kelahiran pancasila di halaman depan Kantor Bupati Sanggau, Sabtu (1/6).

Dalam kegiatan upacara tersebut Bupati Sanggau Paulus Hadi S.IP, M.SI dalam penyampaiannya mengucapkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa karena dapat mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara kesatuan republik Indonesia.

Bupati Sanggau juga membacakan sambutan kepala BPIP pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 yaitu sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geosrafis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

Pancasila sebagai dasar Negara Idiologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus di perjuangkan. Keberagaman kondisi geografis flora, fauna hingga aspek antropologi dan sosiologi masyarakat hanya dapat di rajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai pancasila harus di lakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkah pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat di rajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan bhineka tunggal ika.

Penulis  : Firmansyah Budin
Publish  : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya