» » » Kapolres Sanggau : Kedepankan Pendekatan Preemtif dan Preventif dalam Penanggulangan Karhutla

Kapolres Sanggau : Kedepankan Pendekatan Preemtif dan Preventif dalam Penanggulangan Karhutla

Penulis By on Jumat, 19 Juli 2019 | No comments


Polres Sanggau - Memasuki musim kemarau di Kabupaten Sanggau dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menyampaikan, pihaknya sudah melakukan koordinasi lintas sektoral bersama TNI dan Pemerintah daerah. Guna membuat pemetaan daerah-daerah yang rawan terjadi Karhutla.

"Tidak hanya pemetaan, kita harus juga memberikan solusi terkait bagaimana kita mengurangilah, kalau mau merubah 100 persen inikan perlu waktu yang panjang," kata Kapolres Sanggau.

Sehingga lanjut Kapolres, kita melakukan upaya sinergi dengan stakeholder yang ada. Dan kita juga menyiapkan fasilitas untuk pemadaman.

"Khususnya Polres Sanggau, disetiap Polsek sudah kami bekali alat pemadam kebakaran. Sehingha tentunya begitu ada kebakaran Polsek sebagai lini terdepan dia langsung turun bersama-sama masyarakat melakukan upaya pemadaman," tuturnya.

Kemudian juga, untuk keamanan anggota sendiri, Polres telah menyiapkan masker khusus yang bisa melindungi anggota dari bahaya asap. "Kedepan sinergisitas antar instansi ini kuncinya untuk bagaimana penanganan Karhutla di Kabupaten Sanggau ini," tegasnya.

Dalam waktu dekat, kata Kapolres, pihaknya akan menyelenggarakan apel siaga. Dari masing-masing perusahaan wajib menampilkan kesiapan dia dalam menanggani karhutla. "Termasuk sarana prasarana, kesiapan personilnya, terus sistemnya bagaimana. Ini harus kita cek," jelasnya.

Terkait strategi penanganan Karhutla yang akan diterapkan Polres Sanggau, Kapolres mengatakan, tetap mengedepankan pendekatan preentif dan preventif.

"Kita melakukan sosialisasi, patroli dan imbauan, itu yang utama. Tanpa kita harus mengesampingkan penegakan hukum, kalau sudah keterlaluan dan betul-betul membahayakan orang lain, ya kita harus ada penegakan hukum, tapi strategi utama kita tetap kedepankan preentif preventit. Ini yang terus kita dorong dengan stakeholder yang ada," pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya