» » » Polsek Entikong Bersama Koramil dan Kecamatan Entikong Siaga Karhultla

Polsek Entikong Bersama Koramil dan Kecamatan Entikong Siaga Karhultla

Penulis By on Minggu, 14 Juli 2019 | No comments


Polres Sanggau, Polsek Entikong - Polsek Entikong bersama Koramil dan Pemerintah Kecamatan setempat menguatkan sinergi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli bersama dan simulasi penanganan lahan terbakar dilakukan sebagai langkah pencegahan.

“Hutan dan lahan terbakar di Entikong sejauh ini belum kami temukan, mudah-mudahan tidak ada ya. Kalaupun nanti ada lahan yang terbakar, kami dari unsur Polri, TNI bersama Pemerintah Kecamatan siap menanganinya,” ujar Waka Polsek Entikong, Iptu Eeng Suwenda saat memimpin patroli karhutla dan simulasi penanganan lahan terbakar di Entikong.

Ia menjelaskan, memasuki musim kemarau potensi lahan terbakar memang ada. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan petani lahan kering membuka ladang baru dengan cara membakar.


Meskipun begitu, lahan yang terbakar tidak luas karena petani sendiri sudah membuat sekat-sekat di ladangnya agar api tidak menjalar. 

"Peralatan pemadam kebakaran, Entikong siap diturunkan bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran," tegasnya.

Dikatakan, Sejak tiga bulan yang lalu dari kepolisian maupun Koramil sudah mengeluarkan imbauan dan terus mengedukasi masyarakat terutama petani.

"Sosialisasikan untuk tidak membuat sumber api saat kemarau. Api sekecil apapun bisa membahayakan, apalagi jika sampai terjadi karhutla," pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya