» » » Puncak Hari Bhayangkara Ke-73, Polres Sanggau Gelar Pesta Rakyat

Puncak Hari Bhayangkara Ke-73, Polres Sanggau Gelar Pesta Rakyat

Penulis By on Selasa, 16 Juli 2019 | No comments


Polres Sanggau - Kepolisian Resort Sanggau menggelar pesta rakyat dalam rangka memeriahkan hari bhayangkara ke-73 di Tribun Promoter Polres Sanggau, Selasa (16/7/2019).

Dalam kegiatan itu disuguhkan berbagai penampilan, diantaranya tarian multi etnis, tari kolosal, kuda lumping, tarian sisingaan, reog ponorogo, barongsai dan yang lainya.

Hadir juga Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, Waka Polres Sanggau, Kompol Damianus, Jajaran OPD Sanggau, instansi vertikal di Sanggau, PJU Polres Sanggau, Kapolsek jajaran Polres Sanggau, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainya.

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menyampaikan, puncak perayaan hari Bhayangkara ke-73 digelar pesta rakyat, pihaknya menampilkan potensi adat istiadat dan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau.

"Ini betul-betul kita eksplor. Karena apa, kita memahami bahwa tugas Polri ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga setiap anggota Polri wajib memahami kondisi sosial dan budaya masyarakat," katanya.


Lanjutnya, Sebelum kita memberikan pelayanan, kita harus memetakan potensi yang ada di masyarakat itu seperti apa. 

Kemudian lanjut Kapolres, di hari bhayangkara ini kita terus berupaya merenovasi maupun mengupdate seperti apa keinginan masyarakat Kabupaten Sanggau terhadap layanan Polri.

"Dari awal saya sudah melakukan launching pelayanan mobile. Dan sampai saat ini pelayanan ini terus kita behani sehingga masyarakat Kabupaten Sanggau betul-betul nanti menerima layanan Polres Sanggau ini betul-betul nyaman," ujarnya.

"Dan juga komunikasi yang utama. Komunikasi antara masyarakat yang menginginkan pelayanan, terus komunikasi yang memberikan pelayanan harus nyambung dan sinergi. Sehingga layanan Polri ini yang utama harus dirasakan masyarakat," tambahnya.

Tadi, kata Kapolres beberapa tarian dari multi etnis termasuk juga berbagai suku yang ada di Sanggau bisa kita tampilkan.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan rasa bahagianya bisa mengikuti pesta rakyat dalam rangka penutupan hari Bhayangkara ke-73.


“Hari ini saya senang sekali mendengar pesta rakyat ini. Dan diisi dengan tampilan-tampilan budaya. Inilah khasnya Sanggau seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa Sanggau menjadi salah satu nominasi dari 54 kabupaten/kota se-Indonesia, kita mendapat kesempatan menjadi 6 kabupaten/kota yang terseleksi untuk kota Budaya,”ujarnya.

Suami Arita Apolina itu menjelaskan, yang menjadi menarik dari panitia Kemendikbud adalah bagaimana Sanggau bisa menjadi leader, terutama pemerintah daerah untuk menggerakkan seluruh potensi budaya nusantara yang ada di Sanggau.

“Itu menjadi pointnya apalagi kita adalah daerah perbatasan. Bahkan pikiran mereka bahwa budaya-budaya nusantara ini sangat tepat diangkat Kabupaten Sanggau untuk menunjukkan ke negara tetangga bahwa ini adalah Indonesia kecil yang betul-betul bukan hanya mendorong satu budaya. Hari ini saya lihat tampilan-tampilan dari berbagai etnis," tegasnya.

PH sapaan akrabnya mengaku yakin bahwa Sanggau bisa menjadi bagian tiga besar dalam ajang tersebut. “Saya mendapat kabar, mudah-mudahan enam besar ini, kita bisa menjadi bagian tiga besar. Kemarin Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan lapor kepada saya, staf ahli menteri mau datang ke sini, khusus untuk mewancara bupati,” tuturnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya