» » » Kapolres Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Sanggau

Kapolres Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Sanggau

Penulis By on Selasa, 01 Oktober 2019 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH menghadiri upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Sanggau, Selasa (1/10).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut dipimpin oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP., M.Si. yang turut hadiri juga Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Pj Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi SIK MH, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, Anggota TNI-POLRI Sanggau, Pelajar Sanggau, serta seluruh Pegawai ASN Kabupaten Sanggau.

Oleh karena itu dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita nulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagaimana tercatat dalam sejarah, Hari Kesaktian Pancasila ini erat kaitannya dengan insiden yang dinamakan gerakan 30 September 1965 (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan para akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif di belakangnya. Namun, wacana yang berkembang saat itu bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Dengan insiden ini, Partai Komunis Indonesia pada akhirnya dibubarkan dan dianggap sebagai organisasi terlarang di bumi pertiwi ini.

Sebagai akibat dari Gerakan 30 September tersebut menimbulkan korban yang tidak sedikit.  Enam Jenderal dan 1 kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang berusaha melakukan kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S ini pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapakan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Penulis  : Firmansyah Budin

Publish  : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya