» » » Kapolsek Toba pimpin Nobar Film Surga Kecil di Bondowoso

Kapolsek Toba pimpin Nobar Film Surga Kecil di Bondowoso

Penulis By on Rabu, 18 Desember 2019 | No comments


Polres Sanggau - Dalam memperingati hari Ibu, Personel Polsek Toba yang dipimpin Kapolsek Toba Ipda Supariyanto, bersama anggota menggelar Nobar sebuah film dokumenter berjudul “Surga Kecil di Bondowoso”, bertempat di Aula Mapolsek Toba, Selasa (17/12) malam.

Film berdurasi 15 menit itu membawa penonton yang nota bene anggota Polsek Toba, untuk melihat kehidupan nyata tentang kesetaraan antara pria dan wanita dalam berkeluarga.

Film dokumenter garapan Nia Dinata (Sutradara film) itu, mengangkat kisah kehidupan seorang Ustadz di Bondowoso bersama isterinya yang berprofesi sebagai guru SMP dan juga kepala sekolah di sebuah Taman Kanak-Kanak.

Sang Ustadz memutuskan untuk mengajar ngaji di rumah dan mengemban tugas-tugas domestik rumah tangga yang tanpa malu, mau melakukan tugas-tugas yang biasa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Seperti misalnya mencuci dan menjemur pakaian, menyapu, memasak bahkan memandikan anak di rumah.


Hal ini sangat unik mengingat konteks budaya Madura dan kehidupan pesantren yang masih patriarkis khususnya bagi perempuan. Hal itu seperti yang dikomentarkan salah satu personel Polsek Toba Polres Sanggau yang mengikuti kegiatan Nobar Film Surga Kecil di Bondowoso.

Seperti dalam kisah Film, awalnya warga kampung sempat merasa aneh melihat sang ustad melakukan pekerjaan rumah tangga. Tapi, lambat laun sebuah perubahan pun terjadi. Perilaku yang semula dianggap aneh, kini menjadi wajar.

Saat dikonfirmasi seusai kegiatan Kapolsek Toba Ipda Supariyanto, mengatakan bahwa, dari kisah tersebut dapat dipahami, laki-laki dan perempuan sama saja. Sebaiknya saling membagi kasih sayang.

Tanggung jawab dipikul bersama-sama dan merupakan sarana efektif untuk mengingatkan masyarakat terutama generasi muda tentang kesetaraan gender antar pria dan wanita dalam kehidupan keluarga,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya