» » » Supervisi dan Asistensi Program Desa Mandiri oleh Tim Polda Kalbar di Wilkum Polres Sanggau

Supervisi dan Asistensi Program Desa Mandiri oleh Tim Polda Kalbar di Wilkum Polres Sanggau

Penulis By on Senin, 16 Desember 2019 | No comments


Polres Sanggau - Tim Supervisi dan Asistensi Program Desa Mandiri Polda Kalbar melaksanakan kunjungan Kerja ke Polres Sangau. Selama 2 (dua) hari, tim melakukan pengecekan Poskamling Desa Mandiri.

Adapun Poskamling yang dikunjungi oleh tim diantaranya Poskamling Desa Teraju Kecamatan Toba, Poskamling Desa Sosok Kecamata Tayan Hulu, Poskamling Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu, Poskamling Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan, Poskamling Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam dan Poskamling Desa Entikong Kecamatan Entikong.

Adapun Tim Supervisi dan Asistensi Polda Kalbar untuk  Wilkum Polres Sanggau dipimpin oleh Katim   Kabid Propam Polda Kalbar Kombes Pol Rudy Mulyanto,  S. IK bersama Wadir Dit Narkoba Polda Kalbar Akbp Cahyo Hadiprabowo, SH, S. IK, Brigpol Roni Pratama dan Brigpol Suyitno.

Dalam setiap kunjungannya ke Poskamling Desa Mandiri, Wadir Dit Narkoba Polda Kalbar Akbp Cahyo Hadiprabowo, SH, S. IK mengatakan bahwa Program Desa Mandiri adalah Program Gubernur Kalbar, oleh karena itu kita semua harus mendukung demi kemajuan Kalbar.


“Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bersinergi dalam melaksanakan dan mendukung Program Desa Mandiri,” ucapnya.

Dikatakan Akbp Cahyo, Kapolsek, Danramil terutama Camat juga harus mendukung agar Program Desa Mandiri ini bisa terlaksana dgn sukses agar Desa dan Mayarakat Desa bisa lebih maju dan mandiri. Masyarakat juga harus ikut mensukseskan Program Desa Mandiri yaitu dengan mengambil peran ikut menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing dengan melaksanakan jaga berupa Siskamling.

“Petugas Siskamling harus memahami dan bisa bertindak dalam penanganan awal jika terjadi tindak pidana/pelanggaran yg di lakukan oleh warganya ( probsol ). Petugas siskamling   harus memahami dan bisa melaksanakan tindakan awal jika di lingkungannya terjadi banjir, kebakaran,” pesannya.

Ditambahkkan Akbp Cahyo, pada saat tugas jaga Siskamling, agar melaksanakan patroli lingkungan dan di tulis giatnya dalam buku mutasi jadi tidak statis jaga di pos saja. Poskamling harus dilengkapi juga struktur, jadwal jaga, peta / denah lingkungan dan kelengkapan pos lainnya.


“Awak poskamling juga harus bisa berinovasi, mungkin pengadaan alat komunikasi dan sarana pos lainnya. ,” pintannya.

“Kasatbinmas, Kapolsek, Kanitbinmas dan Bhabinkamtibmas agar melaksanakan kontrol dan penilaian kepada Poskamling secara berkala, apakah siskamlingnya terlaksana dgn baik dan aktif. Kedepan seluruh Poskamling akan dilaksanakan perlombaan, oleh karena itu persiapkan Poskamlingnya masing-masing untuk bisa menjadi yang terbaik,” tukasnya.

Kapolres Sanggau Akbp Imam Riyadi, S. IK, MH melalui Kasatbinmas Polres Sanggau Akp Oloan Sihombing mengatakan Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Supervisi dan Asistensi Polda Kalbar Program Desa Mandiri dalam rangka untuk mengecek dan melihat secara langsung serta mengarahkan agar Program Desa Mandiri terlaksana dengan baik dan bisa dirasakan masyarakat.

“Dilaksanakannya supervisi dan asistensi desa mandiri ini adalah untuk melihat langsung sejauh mana progres pelaksanaannya di lapangan,” pungkasnya.

Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya