» » » Malam Penutupan Cap Go Meh 2020, Bupati Sanggau : Jiwa Semangat Melestarikan Budaya Tetap Dipertahankan

Malam Penutupan Cap Go Meh 2020, Bupati Sanggau : Jiwa Semangat Melestarikan Budaya Tetap Dipertahankan

Penulis By on Minggu, 09 Februari 2020 | No comments


Polres Sanggau - Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si resmi menutup rangkaian kegiatan Cap Go Meh Tahun 2020/2571, dengan mengusung tema “Merajut kebhinekaan menuju Sanggau berbudaya dan beriman”. Kegiatan dipusatkan di Komplek Tri Dharma Pekong Sanggau, Sabtu malam (8/2/2020) pukul 20.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Sanggau, Ir.Kukuh Triyatmaka, MM, Kapolres Sanggau, AKBP. Raymond M. Masengi, S.Ik, MH, Dandim 1204/Sanggau dalam hal ini diwakili Pasi Ops, Kapt. Inf. Agus Mulyana, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arief Budiono, SH, MH, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Forkompimda, Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldi, Ketua Panitia, Kongo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan para tamu undangan serta masyarakat Sanggau.

Terlihat ribuan masyarakat Sanggau memadati Komplek Tri Dharma Pekong Sanggau dalam rangka ikut serta berpartisipasi, menyaksikan dan mensukseskan malam penutupan perayaan Cap Go Meh. Yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi diantaranya; barongsai, tarian khas Tionghoa dan juga dimeriahkan dengan tarian khas Dayak, Melayu serta tarian khas Batak.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara, Kongo menyampaikan terkait tema yang diusung pada perayaan Cap Go Meh pada tahun 2020 yaitu merajut kebhinekaan menuju Sanggau berbudaya dan beriman.

Dalam sambutannya Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan bangga kepada etnis Tionghoa, karena perayaan Cap Go Meh untuk tahun ini sangat meriah dan kompak.

“Mengapa saya katakan begitu?, karena setiap tahun saya hadir dan pada perayaan Cap Go Meh kali ini saya melihat semangat yang luar biasa dari masyarakat khususnya Tionghoa” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

PH, meminta rasa semangat dalam melestarikan budaya yang dimiliki untuk dapat dipertahankan.


“Kali ini saya melihat masyarakat sangat semangat, mulai dari tadi sore hingga malam hari ini dan itu harus kita evaluasi, sehingga tahun depan secara pelan-pelan kita bisa sejajar dengan daerah lain,” tuturnya.

Bupati Sanggau sangat mengapresiasi jiwa semangat masyarakat Sanggau dalam menonjolkan budaya yang dimiliki.

“Saya senang melihat kalian semangat dalam mendukung yang menjadi budayanya, karena apabila kalian tidak semangat bagaimana pemerintah bisa mendukung budaya yang ada di Kabupaten Sanggau. Karena kita di Kabupaten Sanggau ini seluruh etnis, adat, budaya kita tampung dan dipersilahkan untuk bias mengekspresikannya untuk Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini,” ujarnya.

Ia juga merasa salut dengan panitia yang sudah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa hadir dalam memeriahkan malam penutupan perayaan Cap Go Meh.
“Kita tunggu pada perayaan Cap Go Meh tahun depan, saya berharap agar masyarakat di seluruh kecamatan bisa hadir untuk meramaikan, menyaksikan dan mensukseskan perayaan Cap Go Meh pada tahun mendatang,” harapnya.

Kapolres Sanggau Akbp Raymond M. Masengi dalam sambutannya mengatakan bahwa kita wajib Bersyukur dengan Kab. Sanggau dinobatkan sebagai kota budaya.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Sanggau untuk membantu pihak TNI Polri dalam keamanan,” ujarnya.

“Marilah kita hidup dengan rukun sehingga situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Sanggau dan selalu mendukung Bupati dan Wakil Bupati dalam memajukan Kabupatan Sanggau,” pungkas Kapolres Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya