» » » Gugus Tugas Covid 19 Tayan Hilir Gelar Gerakan Semprot Disinfektan Secara Masif

Gugus Tugas Covid 19 Tayan Hilir Gelar Gerakan Semprot Disinfektan Secara Masif

Penulis By on Rabu, 01 April 2020 | No comments


Polres Sanggau - Tak kurang 19 Kilometer (Km) jalan dari berbagai penjuru di tiga desa dalam kota Tayan Hilir disemprot disinfektan. Saat penyemprotan ini, sedikitnya menghabiskan sekitar 15.000 liter cairan disinfektan. Penyemprotan secara serentak ini dilaksanakan dalam sebuah gerakan penyemprotan secara masif disinfektan menggunakan fasilitas kendaraan dinas Polri atau lain atau peralatan yang ada.

Kemudian, kegiatan ini diiniasi Polsek Tayan Hilir, Pemerintah Kecamatan, Koramil 1204-07. Sementara penyemprotan mengerahkan masing-masing dua kendaraan pemadam LPADK Binsika, PT ICA, Pemdes Pedalaman, Koramil 1204-07 dan mobil patroli Polsek Tayan Hilir.

Sebelum dilaksanakan penyemprotan, terlebih dahulu dilakukan konsolidasi area atau pembagian zona penyemprotan di halaman Puskesmas Kawat.

Menariknya, saat konsolidasi ini jarak antar orang, memang diatur sedemikian rupa sesuai standart operasional prosedur (SOP). Jadi tidak ada yang berdekatan satu sama lainnya.


Kapolsek Tayan Hilir, Iptu Sagi SH menuturkan gerakan penyemprotan secara masif itu menyasar ruas jalan sepanjang 19 Km dari 3 desa yang ada di Kota Tayan Hilir. Adapun jalan yang disemprot disinfektan masing-masing di Tayan - Simpang Ampar, Tayan-Meliau,  Jalan Desa Pulau Tayan, Jalan akses dan jembatan Kapuas hingga batas Kecamatan Toba, Jalan lingkungan Desa Kawat dan Desa Pedalaman.

“Ini gerakan serentak secara masif dilaksanakan, merupakan upaya menangkal pencegahan sebaran Covid 19,” ungkapnya, usai mengikuti penyemprotan tersebut.

Ditegaskan Kapolsek, upaya serupa terus dilaksanakan. Guna untuk mencegah sebaran Covid 19 yang cukup meresahkan saat ini.

”Akan dilaksanakan secara terus menerus oleh tim gabungan kecamatan,” ujarnya.


Pria dengan dua balok dipundak ini mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Dan jangan cepat percaya dengan informasi yang belum jelas asal usulnya atau hoax.

“Kami imbau warga jika mendapatkan informasi jangan langsung share atau bagikan. Cek dulu kebenarannya. Dan warga tetap tenang dan jangan panik,” imbaunya.

Penyemprotan ini diikuti sedikitnya 100 orang terdiri dari aparat, perwakilan perusahaan, perangkat desa, relawan dan pengurus ormas di Kecamatan Tayan Hilir.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya