» » » Gagal Tarik Tongkang, Tugboat Mega Sukses Tenggelam

Gagal Tarik Tongkang, Tugboat Mega Sukses Tenggelam

Penulis By on Rabu, 08 Juli 2020 | No comments


Polres Sanggau - Kapal Tug Boat (TB) Mega Sukses XII yang dimintai bantuan menarik tongkang yang akan keluar dari Jembatan Timbang (Jeti) milik PT. Kalbar Bumi Perkasa (KBP), Minggu (5/7) siang di Dusun Perupuk Desa Beginjan Kecamatan Tayan Hilir.

Kapal tersebut tenggelam setelah gagal menarik tongkang ke luar dari Jeti.

“Identitas Kapal tenggelam yakni TB Mega Sukses XII milik PT. Rimba Mega Armada dengan juru mudi Asrianto,” ungkap Kapolsek Tayan Hilir, IPTU Sagi, SH.

Kronologis kejadian, dijelaskan Kapolsek yakni pada hari Minggu (5/7) sekitar pukul 14.00 Wib, juru mudi TB Mega Sukses XII, Asrianto dimintai bantuan untuk menarik tongkang yang akan keluar dari Jeti milik PT. KBP. Kemudian, Asrianto menyalakan mesin TB. Mega Sukses XII untuk membantu tongkang tersebut.

“Setelah masin dihidupkan, tali kapal dilepas dan kapten kapal Asrianto masukan hendel mesin. Namun mesin tersebut lambat masuk ke gerbok (kipas kapal) sehingga jarak antara kapal dan tongkang sekitar 10 meter baru hendel masuk ke gerbok (kipas kapal),” tuturnya.

Setelah gerbok (kipas kapal) masuk kemudian kapten melakukan gas ful supaya bisa jauh dari tongkang. Karena arus yang deras maka kapal tidak mampu untuk berjalan/bergerak kemudian tali tongkang nyangkut di bagian kepala kapal TB. Mega Sukses XII.

Sehingga tekanan arus dari bawah kapal dan baling-baling kapal tidak seimbang yang menyebabkan kapal oleng dan tenggelam perlahan-lahan.

Dikarenakan kapalnya tenggelam, lanjut Kapolsek, ABK dan Kapten kapal meloncat ke air untuk menyelamatkan diri.

Atas kejadian tersebut, ungkap Kapolsek, pemilik TB. Mega sukses XII mengalami kerugian sekitar Rp 4 miliar.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya