» » » Apel Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Bencana Alam Lainnya Diwilayah Kecamatan Kembayan

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Bencana Alam Lainnya Diwilayah Kecamatan Kembayan

Penulis By on Selasa, 04 Agustus 2020 | No comments



Polres Sanggau - Apel bersama dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Bencana Alam Lainnya di halaman Kecamatan Kembayan, Desa Tanjung Merpati, Kec. Kembayan, Kab. Sanggau

Kegiatan Apel diikuti lebih kurang 50 (Lima Puluh) orang, yang terdiri dari Unsur Forkopincam, Perwakilan ASN Kec. Kembayan, Seluruh Kepala Desa, Relawan Masyarakat Peduli Api, dan Perwakilan Perusahaan yang ada dilingkup Kec. Kembayan, serta Ketua DAD, MABM.

Bertindak selaku Pemimpin Apel Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono didampingi oleh Kapolsek Kembayan Ipda Sutono dan Danramil Kembayan Kapten Warsidi.

Dalam amanatanya Camat Kembayan menyampaikan secara singkat Peraturan Bupati Sanggau dan Peraturan Gubernur terkait dengan Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal.

Kemudian dilanjutkan Kapolsek Kembayan Ipda Sutono. Dalam amanatnya, Kapolsek Kembayan menyampaikan terkait dengan Pembukaan Lahan berbasis Kearifan Lokal tidak berlaku di Lahan Gambut.

“Luasan lahan tidak lebih dari 2 (dua) Hektar, serta varietas yang ditanam hanya jenis Palawija, tidak Pohon Sawit,” ucap Kapolsek.



Dikatakan Kapolsek juga, setiap Masyarakat yang melakukan pembakaran lahan, wajib menyampaikan kegiatannya ke Pihak Desa secara berjenjang. Terkait dengan Adaptasi Kehidupan Baru agar seluruh unsur terus menyampaikan kepada masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan, Penggunaan Masker, Mencuci Tangan, dan Sosial Distancing.

Selesai pelaksanaan Apel Bersama dilanjutkan dengan kegiatan pengecekan sekaligus Simulasi terhadap alat-alat pemadam api serta perlengkapan lainnya baik milik Perusahaan maupun Peralatan Damkar Kecamatan Kembayan.

Kapolsek Kembayan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan merupakan Persiapan / kesiap siagaan Penanganan Karhutlah dan Bencana alam lainnya di Kecamatan Kembayan Tahun 2020.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diatas diharapkan sinergisitas unsur-unsur terkait di Kecamatan Kembayan dapat terjalin dengan baik sehingga penanganan Karhutlah dilapangan dapat dilakukan secara optimal,” ucap Ipda Sutono

Langkah-langkah kedepannya Polsek Kembayan melalui Personil Bhabinkamtibmas secara continue akan melakukan kordinasi dan himbauan kepada perangkat desa dan masyarakat desa binaannya agar seoptimal mungkin tidak melakukan pembukaan lahan secara dibakar, apabila tetap akan melakukan pembakaran, sebelumnya memberitahukan secara berjenjang kepada aparat pemerintah dan Polsek Kembayan sehingga penanganannya dapat diantisipasi secara tepat.

Penulis : Denny Ardyanto
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya