» » » Polres Sanggau Gelar Apel Konsolidasi Kesiapan Penanganan dan Penanggulangan Bantingsor

Polres Sanggau Gelar Apel Konsolidasi Kesiapan Penanganan dan Penanggulangan Bantingsor

Penulis By on Kamis, 12 November 2020 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman apel Mapolres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Apel Konsolidasi dan Kesiapan Penanganan dan Penanggulangan Bantingsor (Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor) Th 2020 di Kabupaten Sanggau dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa-II Th. 2020 Penanganan Bencana Alam Bantingsor di Wilkum Polda Kalbar dan Polres Jajaran Polda Kalbar.
 
Bertindak selaku Inspektur Apel Sekda Pemkab Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka, MM., dihadiri oleh Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.IK, M.AP, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron S.Sos.,M.Si, Pasi Ter Kodim 1204 Sanggau Kapt Inf Eko Prasetyo Widodo, Kadis Dinsos P3AKB Aloysius Yanto, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Suherman, para Kasat, Perwira Staf, Kapolsek Mukok, Kapolsek Parindu, dan para peserta apel antara lain Anggota Polres Sanggau, Kodim 1204 Sanggau, Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Sanggau, Dishub, BPPD, Tagana dan Pemuda Pancasila MPC Kabpaten Sanggau.
 
Dalam amanatnya Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka mengaktakan kegiatan Apel konsolidasi dilakukan berdasarkan Analisis BMKG bahwa bulan Oktober-Desember akan terjadi peningkatan Curah Hujan yang tinggi akibat La Nina di hampir seluruh wilayah Indonesia yang berpotensi menyebabkan bencana Hidrometeorologi.
 
“Menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja di wilayah Kabupaten Sanggau, maka Pemkab Sanggau bersama dengan TNI-Polri serta elemen terkait harus siap personil serta sarpras guna penanganan dan penanggulangan Bencana,” ucapnya.
 
Ditambahkannya, Dalam menghadapi bencana alam berupa Bantingsor di wilayah Kabupaten Sanggau, yang dapat terjadi kapan saja, diharapkan mepada seluruh unsur yang bertanggung jawab dalam penanganan dan penanggulangan bemcana unyuk melalukan Mitigasi dan kesiapsiagaan serta meningkatkan kordinasi dengan BMKG dan lembaga lain terkait informasi dini.

“Kita harus membuat rencana kontijensi menghadapi Bantingsor serta menyusun SOP secara bersama unsur TNI-Polri dan instansi terkait,” tambahnya.


Kukuh Triatmaka berharap Apel Konsolidasi ini tidak hanya seremonial tapi manifestasi kesiapan Pemkab bersama TNI-Polri dan unsur terkait dalam kesiapsiagaan penanganan bencana di wilayah Kabupaten Sanggau. Ditinjau segi geografis, Kabupaten Sanggau punya potensi Bancana alam Bantingsor karena memiliki aliran sungai dan area perbukitan dengan intensitas curah hujan tinggi.
 
“Dengan kesiapan kita bersama dalam menghadapi Bantingsor, diharapkan dapat meminimalisir potensi terjadinya korban, serta kecepatan dalam penanganan bencana,” pesannya.
 
Sebelum mengakhiri amanatnya, Setda Sangga mengajak seluruh peserta apel untuk berdoa, berusaha dan berharap agar bencana Non alam Pandemi Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau segera berakhir.
 
Setelah kegiatan Apel dilanjutkan dengan pengecekan Sarpras penanganan Bantingsor Polres Sanggau.
 
Dilaksanakannya Apel Konsolidasi dan Kesiapan Penanganan dan Penanggulangan Bantingsor (Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor) Th 2020 di Kabupaten Sanggau berdasarkan STR Kapolda Kalbar Nomor: STR/631/X/OPS.2./2020, tanggal 23 Omtober 2020 tentang Pelaksanaan Apel Konsolidasi dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa-II Th. 2020 Penanganan Bencana Alam Bantingsor di Wilkum Polda Kalbar dan Polres Jajaran Polda Kalbar.

Penulis: Denny Ardiyanto
Publish: Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya