» » » Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Sanggau, Polri Gelar Pasukan Amankan 581 TPS

Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Sanggau, Polri Gelar Pasukan Amankan 581 TPS

Penulis By on Senin, 14 Desember 2020 | No comments


Polres Sanggau - Kepolisian Resor Sanggau menggelar pasukan sebagai persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020 di Kabupaten 19 Desember mendatang. Mewakili Kapolres Sanggau, Kabagren, Kompol Wardaya memimpin jalannya gelar pasukan di Halaman Mapolres Sanggau, Senin (14/12).
 
Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH dalam amanatnya yang dibacakan Kompol Wardaya mengatakan kebanggaannya kepada para personil yang telah dipilih untuk melaksanakan tugas pengamanan selama pelaksanaan Pilkades serentak 2020.
 
Menurutnya, Pilkades bakal dilaksanakan di empat belas (dari lima belas) Kecamatan yang ada di Sanggau. Ada 72 desa yang menggelar pilkades dengan total 581 TPS dan total 141.942 pemilih. Terkait fokus pengamanan, Polres Sanggau menyiapkan tiga fokus yakni untuk bentuk-bentuk kegiatan dalam tahapan Pilkades. Kemudian, pengamanan terhadap petugas atau penyelenggara pilkades serta calon kepala desanya. Terakhir, pengamanan terhadap logistik Pilkades.


Mengenai pola pengamanan, disebutkan bahwa untuk pola aman yakni 35 Peronil Polri diperuntukan bagi 140 TPS. Pada pola rawan satu 88 Peronil Polri diperuntukkan bagi 264 TPS. Untuk pola rawan dua 49 Peronil Polri diperuntukkan bagi 98 TPS. Sedangkan pola rawan tiga 79 Peronil Polri diperuntukkan bagi 79 TPS.
 
Dengan rentang waktu singkat kita harus mempersiapkan semuanya, agar dapat melakukan pengecekan sehingga pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dan terlaksanan dengan baik. Antisipasi segala bentuk kerawanan yang akan terjadi pada tahapan Pilkades Tahun 2020.
 
Sementara itu, Kompol Wardaya mengingatkan agar sarana dan prasarana dalam melaksanakan tugas serta SOP pengamanan harus dipersiapkan dalam rangka antisipasi kerawanan yang akan terjadi.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya