» » » Kapolres Sanggau Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Periode 1 Januari 2021

Kapolres Sanggau Pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Periode 1 Januari 2021

Penulis By on Jumat, 01 Januari 2021 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar upacara kenaikan pangkat personel Polri Periode 1 Januari 2021 di Halamana Mapolres Sanggau, Jumat (1/1/2021).
 
Dalam upacara yang dipimpin Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK, MH ini, sebanyak 102 personel dinaikkan satu pangkat lebih tinggi.
 
Dalam Sambutannya, Kapolres Sanggau mengatakan upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat ini dilaksanakan dengan sederhana namun tidak mengurangi makna, mengingat masih dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Lilin Kapuas 2020 dalam rangka pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru 2021 serta mempedomani Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19.
 
"Kenaikan pangkat merupakan sebuah bentuk penghormatan dan penghargaan serta peningkatan kesejahteraan yang diberikan Negara kepada personil Polri maupun PNS Polri yang mampu menunjukkan prestasi dan dedikasinya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri No. 03 Tahun 2016 tentang administrasi kepangkatan anggota Polri dengan melalui proses usulan kenaikan pangkat. Oleh karena itu, kenaikan pangkat membawa konsekuensi yang harus dipenuhi, dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan diantaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia, mencakup pengetahuan serta kearifan bersikap dan bertindak dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari,” ucap Kapolres Sanggau.
 
Pada periode 1 Januari 2021 kali ini personel Polres Sanggau yang memperoleh kenaikan pangkat sebanyak 102 personel diantaranya dari AKP ke Kompol 2 personil, Iptu ke AKP 6 personil, Ipda ke Iptu 9 personil, Aipda ke Aiptu 7 personil, Bripka ke Aipda 22 personil, Brigadir ke Bripka 26 personil, Briptu ke Brigadir 1 personil dan dari Bripda ke Briptu 29 personil.


AKBP Raymond M. Masengi mengungkapkan, hakekat pangkat dalam lingkungan organisasi Kepolisian merupakan perwujudan dari kompetensi dan tanggung jawab terhadap institusi Polri yang kita banggakan, setiap jenjang kepangkatan memiliki tingkat kompetensi dan tanggung jawab yang berbeda.
 
“Kenaikan pangkat bagi personil Polri di Polres Sanggau telah melalui tahapan sebagaimana ketentuan kenaikan pangkat Polri, baik melalui penilaian sistem Manajemen Kinerja, Kode Etik serta penilaian atasan terhadap sikap dan perilaku sehari-hari serta prestasi kerja yang ditunjukan personil yang diusulkan kenaikan pangkat melalui hasil wanjak secara berjenjang,” ujarnya.
 
Sehingga, Lanjut Kapolres, Kenaikan pangkat ini benar-benar merupakan hasil kerja keras, loyalitas dan dedikasi serta yang tak kalah pentingnya adalah dukungan keluarga yang ikut merasakan kebahagiaan atas kenaikan pangkat yang diraih, penuhi segala tanggung jawab dan kewajiban sesuai pangkat yang disandang saat ini, karena sejatinya pangkat bukan semata hak akan tetapi melalui akumulasi perjuangan dan prestasi yang saudara diberikan serta untuk mewujudkan Polri yang Promoter dan dipercaya oleh masyarakat.
 
“Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah melaksanakan tugas-tugas harkamtibmas, pengamanan Pilkades Serentak serta pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021  di wilayah hukum Polres Sanggau dalam situasi aman dan kondusif. Saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang memperoleh kenaikan pangkat pada periode 1 Januari 2021, sampaikan salam saya kepada keluarga atau Bhayangkarinya,” punkasnya.
 
Penulis: Denny Ardiyanto
Publish: Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya