» » » Antisipasi Karhutla, Polsek Kembayan Motori Apel Bersama

Antisipasi Karhutla, Polsek Kembayan Motori Apel Bersama

Penulis By on Rabu, 24 Februari 2021 | No comments


Polres Sanggau - Menghadapi musim kemarau panjang, identik dengan tingginya angka kebakaran baik kebakaran rumah maupun lahan dan hutan. Mengantisipasi hal tersebut, Kapolsek Kembayan Iptu MR. Pardosi, SH berinisiatif untuk melakukan Apel Bersama Antisipasi Karhutla yang melibatkan semua unsur di kecamatan Kembayan yaitu pihak PTPN Kembayan sebagai tuan rumah, Koramil, Kecamatan dan Puskesmas Kembayan, pihak desa Kelompu, PT. MKS (pengelola pabrik PTPN Kembayan), Tokoh masyarakat Pateh & Temeggung beserta unsur masyarakat, yang keseluruhan peserta 70 orang, Rabu (24/2) pagi.
 
Adapun tujuan Apel bersama ini adalah untuk mengingatkan semua lapisan masyarakat agar selalu waspada dan perduli terhadap bencana kebakaran.
 
Dalam Apel yang dipimpin oleh Kapolsek dan Danramil Kembayan di lapangan Nek Dohik PTPN Kembayan Dusun Rising Jaya desa Kelompu tersebut, Kapolsek mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN sebagai Fasilitator giat Apel ini dan meminta kepada semua yang hadir pada Apel bersama tersebut agar waspada dan pro aktif untuk bersama-sama bila terjadi bencana kebakaran.


Pesan khusus kepada pihak perusahaan khususnya PTPN Kembayan, agar lebih pro aktif memonitor wilayah kerjanya, jangan sampai ada kebakaran lahan karena akan berlaku proses hukum korporasi.
 
Pada kesempatan tersebut, Kapolsek juga menjelaskan tentang enam arahan Presiden RI terkait dengan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, yakni Prioritaskan pencegahan dan titik api harus segera dipadamkan, Infrastruktur monitoring dan pengawasan harus ada sampai tingkat bawah, Menemukan solusi permanen untuk mencegah dan menangani Karhutla, Penataan ekosistem lahan gambut terus dilanjutkan, Kepala daerah dan pimpinan TNI-Polri ditingkat daerah untuk tanggap dan cepat merespon jika ada titik api dan dilakukan langkah penegakan hukum tanpa kompromi.
 
Acara Apel Bersama Antisipasi Karhutla tersebut berjalan lancar dan tertib, kemudian ditutup dengan ramah tamah dan diskusi ringan di Aula Nek Dohik.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya