» » » Piket Pawas Polres Sanggau Kontrol dan Cek Ruang Tahanan

Piket Pawas Polres Sanggau Kontrol dan Cek Ruang Tahanan

Penulis By on Sabtu, 29 Mei 2021 | No comments


Polres Sanggau - Pengecekan ruang tahanan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan meskipun di hari libur. Hal tersebut berguna sebagai sarana mengecek jumlah tahanan, ruang tahanan serta mengecek kondisi kesehatan setiap tahanan.
 
Pengecekan tahanan tersebut dilaksanakan oleh Perwira Pengawas (Pawas) Iptu Supariyanto KBO Sat Sabhara Polres Sanggau didampingi Anggota Paminal Polres Sanggau Bripka Suswanto dan 3 anggota jaga tahanan, Jumat (28/5) malam
 
Dalam pelaksanaannya, Pawas melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan guna mengecek jika ada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan maupun petugas jaga.
 
Hal ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan oleh Piket Pawas dan anggota jaga tahanan. Ini merupakan program tetap dan SOP yang harus diterapkan untuk antisipasi tahanan lari atau tahanan yang sedang menderita sakit.
 
Iptu Supariyanto mengatakan, pengecekan ini dilaksanakan agar semua tahanan yang berada di rutan Polres Sanggau selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang ingin melukai petugas jaga.


Dijelaskannya, saat dilakukan pengecekan terdapat jumlah tahanan yang berada di Mapolres Sanggau berjumlah 43 orang dengan rincian 31 orang tahanan Kejaksaan dan 12 orang tahanan Polri.
 
“Semua dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang -barang terlarang berada didalam ruang tahanan,” jelasnya.
 
Dirinya juga menegaskan, bahwa Pawas memberikan peBontian kepada petugas jaga tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiapa jam sesuai SOP.
 
“Laporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan,” ujar Iptu Supariyanto.
 
Iptu Supariyanto menuturkan, pengecekan ruang tahanan dan jumlah tahanan untuk mengetahui kondisi di dalam ruang tahanan.
 
“Apabila ada petugas maupun tahanan yang tidak sesuai aturan akan kita tegur. Kita juga berikan arahan kepada personil yang melaksanakan piket jaga tahanan agar tetap siaga dan jangan legah, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti tahanan kabur dan yang lain-lain,” jelas Iptu Supariyanto.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya