» » » Dir Samapta Polda Kalbar Lakukuan Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta di Polres Sanggau

Dir Samapta Polda Kalbar Lakukuan Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta di Polres Sanggau

Penulis By on Selasa, 10 Agustus 2021 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang PPKO Polres Sanggau telah dilaksanakan Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta oleh Direktorat Samapta Polda Kalbar dengan Satuan Sabhara jajaran Polda Kalbar.

Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta di Pimpin Langsung oleh Direktur Samapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahids Putra S. IK, MH sesuai dengan ST nomor: ST/68/VIII/Sip 3.4/2021 Tanggal 4 Agustus 2021 tentang Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta Polda Kalbar

Kegiatan tersebut diikuti Kasat Sabhara Polres Sanggau AKP Sri Mulyono bersama KBO Sat Sabhara serta Para Kanit dan Kanit Polsek Kapuas.

Pelaksanaan Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta meliputi Aspek SDM, Aspek Sarpras, Aspek Anggaran, Aspek Operasional meliputi Pelaksanaan tugas Rutin Fungsi Samapta dan kegiatan upaya Penanggulangan Covid-19, Kendala yang dihadapi dan Terobosan Kreatif.

Dalam arahannya, Dir Samapta Polda Kalbar mengatakan Adanya kekurangan SDM yang belum bisa terpenuhi sesuai DSP yang ada agar dapat di maksimalkan dalam pelaksanaan tugas, baik tugas rutin ataupun tugas lain yang pada saat ini adanya Pandemi Covid-19 dan adanya Karhutla. 

“Dalmas Inti dan Dalmas Kerangka telah di buatkan sprin gabungan antar fungsi agar selalu disiapkan dan dilatihkan guna sewaktu waktu di butuhkan. Dalam kegiatan unjuk rasa dan pengamanan kegiatan masyarakat lainnya,” ucapnya.

Kombes Pol Permadi juga mengatakan agar dalam pelaksanaan pengamanan unjuk rasa agar selalu berpedoman pada aturan yang telah ada.


“Saya minta agar pengelolaan Anggaran harus dapat di pertanggung jawabkan. Berapa kegiatan dan berapa Anggaran yang harus di pertanggungjawaban dan perwabku jangan sampai lewat waktu yang telah di tentukan,” ujarnya.

Terkait Anggaran pelatihan agar selalu koordinasi dengan Bagops agar dapat dilaksanakan pelatihan secara rutin.

Mencermati situasi Pandemi Covid 19 dan Karhutla, Dir Samapta Polda Kalbar mengingatkan agar dalam pelaksanaan tugas rutin Patroli, personil dapat memberikan edukasi kepada masyarakat baik masalah Covid-19 dan pencegahan Karhutla.

“Berikan petunjuk dan arahan yang jelas dalam pelaksanaan tugas Preventif dan Represif,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga AKP Rusly memberikan Penyampaian Materi tentang Daftar pertanyaan Asistensi Kegiatan Fungsi Samapta telah tersusun dan dilakukan pemeriksaan serta akan di cek kembali apabila ada kekurangan akan segera di Sampaikan.

“Perlunya unit Bantuan SAR untuk bisa bergabung dengan Basarnas sewaktu waktu di butuhkan dan akan di usulkan kelengkapan SAR dan Sarpras lain guna mendukung pelaksanaan tugas di lapangan,” ujarnya.

AKP Rusly juga meminta dalam pelaksanaan tugas rutin agar dilaksanakan dengan Maksimal dan tetap menjaga kesehatan sesuai dengan Protokol kesehatan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya