» » » Kapolres Sanggau Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Sanggau

Kapolres Sanggau Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Sanggau

Penulis By on Senin, 09 Agustus 2021 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di ruangan VIP Lantai II Pemda Kabupaten Sanggau Jl.Jend Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan kegiatan rapat evaluasi penanganan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau, Senin (9/8).
 
Kegiatan rapat evaluasi penanganan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau dipimpin oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S. IP, M. Si dan didampingi oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. SI, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Timotius Yance, S. Kom, serta dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.IK, Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Affiansyah, SP, Kasi Intelijen Kejari Sanggau Freddy Wiryawan, SH, Sekda Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM, Kabagops Polres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S. IK, M. AP, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten Inf Agus Mulyanah, para Kepala OPD Pemda Kabupaten Sanggau dan Peserta rapat (Satgas Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan) secara Virtual Zoom Cloud Meeting.
 
Dalam arahannya, Bupati Sanggau mengatakan bahwa kegiatan rapat kita pada hari ini untuk mengevaluasi kinerja Satgas Penanganan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau.
 
Bupati Sanggau juga menyampaikan tentang data perkembangan Covid di Wilayah Kabupaten Sanggau.
 
“Secara umum Kabupaten Sanggau berada pada zona orange penyebaran Covid-19. Untuk jumlah Posko PPKM di Kabupaten Sanggau sebanyak 1.938 Posko,” ucapnya.
 
Paolus Hadi juga menyampaikan terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan akan di evaluasi kembali sehingga langkah kerja selanjutnya bisa lebih maksimal.
 
“Kita harus Bersyukur bahwa wilayah Kabupaten Sanggau tidak berada pada status PPKM level 4, dan tugas selanjutnya yaitu pemberlakuan PPKM level 3 sehingga tetap harus terus mematuhi Prokes. Keberadaan posko PPKM Mikro, harus hisa kita maksimalkan guna mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat,” terangnya.
 
“Untuk wilayah Kecamatan, Desa maupun Dusun terdapat warga yang terkonfirmasi agar diawasi betul, serta lakukan pemantauan dan pengawasan sehingga tidak adanya cluster penyebaran,” pinta Bupati Sanggau.
 
Bupati Sanggau juga meminta kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dan Satgas pada tingkat Kecamatan agar bisa bekerjasama serta harus kompak dalam setiap pelaksanakan tugas sehingga penanganan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau dapat terlaksana dengan baik dan sampai dinyatakan tidak ada kasus baru lagi.
 
Dalam kegiatan tersebut juga Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Affiansyah mengatakan berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Sanggau penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sanggau masih terdapat beberapa Desa berada pada zona merah. Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Sanggau untuk Satgas Penanganan Covid-19 pada tingkat Kecamatan bisa memberdayakan 4 pilar yang terdiri dari Kades, Babinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa.
“Perlu diperinci untuk Desa yang berstatus zona merah, agar mendata kembali berada diwilayah Dusun mana sehingga kita bisa mengetahui secara jelas dan bisa mengambil langkah lebih lanjut,” katanya.
 
Dandim Sanggau meminta kepada Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat Kecamatan agar masyarakat yang telah memiliki gejala segera dilakukan swab untuk memastikan apakah terkonfirmasi atau tidak.
 
“Dalam pembinaan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 selanjutnya harus dilakukan pemantauan baik terhadap perkembangan kesehatan maupun kebutuhan lainnya serta Memaksimalkan fungsi Posko PPKM Mikro,” tutupnya.
 
Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan dalam arahannya mengucapkan Terimakasih kepada Bupati Sanggau yang sudah melaksanakan kegiatan rapat evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau, hal ini sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolda agar melakukan rapat evaluasi terkait perkembangan Covid-19 disetiap wilayah.
 
“Pelaksanaan rapat evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan secara real apa saja kegiatan yang sudah dilaksanakan serta terkait data sebaran Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau sehingga dapat dianalisa dan diambil langkah penanganan serta kebijakan lebih lanjut,” ucapnya.
 
Kapolres menyebutkan Ada 3 kunci pokok keberhasilan dalam melakukan pengendalian penyebaran Covid-19 yaitu Rapat Anev Satgas Covid, Piranti Lunak / Data serta memaksimalkan posko PPKM Mikro pada tingkat Desa, Dusun maupun RT di setiap wilayah.
 
Dirinya memninta kepada Perangkat Desa, Dusun dan RT agar lebih maksimal lagi dalam bekerja sehingga bisa mengambil langkah cepat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat.
 
“Sesuai petunjuk dan arahan dari Mabes Polri, Polres Sanggau telah melaksanakan kegiatan KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan) dalam rangka penanganan Covid-19, kegiatan tersebut berupa Patroli serta himbauan Prokes penerapan 5M kepada masyarakat. Pelaksanaan KRYD Polres Sanggau terkait himbauan prokes penerapan 5M bisa diikuti oleh Pemda Sanggau, saling bekerjasama dan mengaktifkan kembali pelaksanaan patroli gabungan,” kata Kapolres Sanggau.
 
Tekait Percepatan Vaksinasi diwilayah Kabupaten Sanggau, Mantan Kapolres Landak ini  meminta agar tetap terus dilakukan, untuk tenaga vaksinator dari Polres Sanggau sudah menyiapkan sebanyak 4 tenaga vaksinator.
 
“Untuk pelaksanaan kegiatan Vaksinasi, Polres siap membantu Dinas Kesehatan dan Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi agar saling bekerjasama baik itu Vaksinasi Dinkes, Vaksinasi TNI dan Vaksinasi Polri, hal ini bertujuan untuk bisa saling membantu guna percepatan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat,” tutupnya.
 
Dilaksanakannya kegiatan rapat dalam rangka evaluasi hasil pelaksanaan kinerja Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dalam melakukan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Sanggau.
 
Pelaksanaan rapat evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau sebagai tindaklanjut atas kebijakan Pemerintah Pusat dalam penangan Covid-19 disetiap wilayah serta singkronisasi data terkait perkembangan Covid-19 diwilayah Kabupaten Sanggau dan pelaksanaan rapat evaluasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan serta diikuti secara Virtual Zoom Cloud Meeting.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya