» » » Polres Sanggau Gelar Rakor Lintas Sektoral, Sikapi Perkembangan Sitkamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau

Polres Sanggau Gelar Rakor Lintas Sektoral, Sikapi Perkembangan Sitkamtibmas di Wilayah Kabupaten Sanggau

Penulis By on Rabu, 08 September 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kepolisian Resor (Polres) Sanggau menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka menyikapi perkembangan Sitkambtibmas di wilayah Kabupaten Sanggau, Rabu (8/9) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si., Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Dandim 1204/Sgu Letkol Inf.  Affiansyah, SP, Ketua Pengadilan Kabupaten Sanggau Cipto Hosari Parsaoran Nababan, SH, MH, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau Akhmad Saukani, Kasi Intel Kejari Sanggau Fredy Wiryawan, SH, Plt. Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Sanggau Antonius S. Sos., Pangeran Ratu Keraton Surya Negara Sanggau Drs. Gusti Arman, M. Si, PJU Polres Sanggau, Muspika Kecamatan Kapuas, Sekayam dan Entikong, Ketua Muhammadiyah Sanggau, Ketua MABM Kabupaten Sanggau, NU Sanggau, dan POM Sanggau.

Adapun dalam kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan Kapolres Sanggau, dan dirinya mengucapkan banyak Terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan linsek, yang mana juga kegiatan ini bertujuan pembahasan terkait peristiwa di Kabupaten Sintang.

“Dalam rakor ini diharapkan mendapatkan komitmen bersama sehingga kejadian di Kabupaten Sintang tidak terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Kapolres Sanggau juga menjelaskan terkait SKB 3 Menteri serta menyampaikan bahwa Polri dalam hal ini murni melakukan penanganan hukum terhadap oknum yang melakukan TP dan bukanlah unsur kriminalisasi terhadap ulama.

Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas inisiator Kapolres Sanggau dalam menyikapi permasalahan yang sedang hangat terjadi di Kabupaten Sintang.


Dirinya mengatakan bahwa tugas Pemerintah di Kabupaten Sanggau menjamin keselamatan dan ketentraman masyarakat, serta menyampaikan visi dan misi Pemkab Sanggau.

“Permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sintang agar dipercayakan kepada aparat penegak hukum. Saya berharap dalam rakor ini mendapatkan saran dari para Alim Ulama sehingga menghasilkan kesepakatan bersama,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama juga Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf.  Affiansyah mengatakan pada dasarnya TNI juga berperan penting dalam menjaga situasi keamanan Negara.

Dandim Sanggau menekankan dalam perkara yang terjadi di Kabupaten Sintang, khusus untuk Kabupaten Sanggau sendiri meminta kepada para ulama, ustadz yang berfungsi memberikan pengajaran agama agar lakukan dengan sebenar benarnya, dan bukan menerima ilmu yang tidak jelas kemudian disampaikan kepada masyarakat sehingga ajaran tidak sesuai syariat.

“Dan untuk media juga agar tidak menggoreng suatu berita sehingga menambah panas situasi,” tutupnya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian paparan dari Kasatintelkam Polres Sanggau, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau dan Plt. Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Sanggau.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral yang dilaksanakan oleh Polres Sanggau ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi Perkembangan Situasi Kamtibmas di Wilayah Kab.Sanggau khusunya permasalahan JAI dengan Agama Islam di Kabupaten Sintang, sehingga tidak berkembang atau terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya