» » » Kapolres Sanggau Hadiri Syukuran HUT TNI Ke-76 di Makodim 1204 Sanggau

Kapolres Sanggau Hadiri Syukuran HUT TNI Ke-76 di Makodim 1204 Sanggau

Penulis By on Selasa, 05 Oktober 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K. menghadiri Upacara HUT Ke- 76 TNI Tahun 2021 Secara Virtual dan Syukuran, bertempat di Makodim 1204 Sanggau, Selasa (05/10) Pagi.

Upacara yang berlangsung khidmat itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kegiatan upacara ini diikuti Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Affiansyah, SP beserta PJU, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.IK dan Forkompinda Kabupaten Sanggau.

Dalam upacara secara virtual tersebut, Forkopimda Sanggau mendengarkan secara seksama amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Dalam amanatnya Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan, atas nama rakyat bangsa dan negara saya menyampaikan Selamat hari ulang tahun ke 76 Tentara Nasional Indonesia.

Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi yang utama kedaulatan bangsa menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.


“Para prajurit TNI yang saya banggakan sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19 sebagai perang seperti dalam perang yang sangat menguras tenaga menguras pikiran mental dan semangat jiwa orang yang membutuhkan kewaspadaan kecepatan energi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar yang selalu ada dalam setiap penugasan kemampuan perorang kemampuan satu pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan ketika negara minta untuk selalu aktif dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas. Pelanggaran kedaulatan pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme terorisme ancaman ancaman ideologi termasuk juga ancaman bencana alam,” tuturnya.

Para prajurit TNI dan para Purnawirawan yang saya hormati menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi stabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini sehingga dapat bertransformasi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis regional maupun global.

Budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan yaitu dengan rakyat sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang aktif dengan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan pertahanan yang terencana modernisasi ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan, pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang yang dirancang sistematis dan yang dijalankan konsisten dan berkelanjutan.

Adopsi dan inovasi teknologi negara kita bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan Global Memegang teguh, semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

“Sekali lagi selamat hari ulang tahun 76 Tentara Nasional Indonesia selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan semoga tuhan yang maha esa selalu bersama kita dirgahayu Tentara Nasional Indonesia bersatu berjuang menang,” tutup Joko Widodo.

Setelah Upacara virtual kemudian dilanjutkan acara ramah tamah dan syukuran di Makodim 1204 Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya