» » » Kapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Ritual Adat “Jheg Bumih” Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau

Kapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Ritual Adat “Jheg Bumih” Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau

Penulis By on Kamis, 16 Desember 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K menghadiri acara ritual adat “Jheg Bumih” Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau Tahun 2021 yang dilaksanakan di Sekretariat IKBM Jl. Sutan Syahrir Kelurahan Ilir Kota Kecamatanamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kamis (16/12) pagi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sanggau Freddy Wiryawan, S.H, M.H., Ketua IKBM Kabupaten Sanggau MUHAMMAD HALIL, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Sanggau, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, DPRD Kabupaten Sanggau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Para Tamu Undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga sebagai Bupati / Pimpinan daerah dapat terbentuknya adat budaya Entis Madura ini terlaksana dan sudah menjadi agenda di Pemerintah daerah KabupatenSanggau.

“Terima Kasih kepada semua Etnis dan Paguyuban yang ada di Kabupaten Sanggau yang telah hadir dalam kegiatan Ritual Adat Jheg Bumih ini,” ucapnya.


Paolus Hadi menambahkan Kabupaten Sanggau merupakan Kabupaten yang kaya akan budaya karena di dalamnya terdapat berbagai etnis, termasuk etnis Madura bagian dari Kabupaten Sanggau. “Saya apresiasi dengan kegiatan ini walaupun masih dimasa pandemi Covid-19 kita tetap menerapkan protokol kesehatan dan saya berharap warga kita disini sudah tervaksin semua,” ujarnya.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, Lanjutnya, saya berharap kerukunan antar Etnis dan budaya di Kabupaten Sanggau tetap terjaga dan harmonis.

“Hari ini saya mengucapkan selamat kepada IKBM Kabupaten Sanggau yang sudah ikut Mengukir Sejarah di Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.

Kegiatan Ritual Adat “Jheg Bumih” merupakan ritual adat Etnis Madura yang dilaksanakan sebagai Ungkapan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang artinya Dimana Bumi di Pijak Disitulah Langit Dijunjung. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya