» » » 53 Personil Polres Sanggau Naik Pangkat

53 Personil Polres Sanggau Naik Pangkat

Penulis By on Sabtu, 01 Januari 2022 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K pimpin Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Polri Periode 1 Januari 2022 Anggota Polres Sanggau dan Polsek Jajaran sekaligus pemberian Piagam Penghargaan kepada tim vaksinator yang mendukung percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sanggau, Sabtu (1/1).

Upacara Korps Raport dan Pemberian Piagam Penghargaan dihadiri oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K., M.A.P., PJU Polres Sanggau, serta Anggota yang melaksanakan Korps Raport dan penerima Piagam Penghargaan.

Dalam Amanantnya, Kapolres Sanggau memberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel Polres Sanggau serta Jajaran yang telah melaksanakan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru pada Operasi Lilin Kapuas 2021 sehingga bisa berjalan aman dan kondusif, meskipun Diwarnai dengan gangguan Kamtibmas seperti laka lantas maupun kejadian lainnya, namun secara umum situasi masih terkendali.

“Dalam kesempatan ini, saya juga akan memberikan Penghargaan kepada tim Vaksinator Polres Sanggau yang telah bekerja keras melebihi panggilan tugas untuk mendukung Percepatan Vaksinasi di Wilayah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Kapolres Sanggau mengatakan upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat kali ini dilaksanakan dengan sederhana namun tidak mengurangi makna dari kenaikkan pangkat tersebut, dikarenakan dalam situasi Pandemi Covid-19.

“Masih dalam suasana Hari Raya Natal dan Tahun Baru, selaku Kapolres Sanggau, Saya dan keluarga mengucapkan selamat merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2022  bagi saudara-saudara kita umat Kristiani,” ujarnya.

Saat ini, Lanjut Kapolres, kita semua dapat merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang dirasakan oleh saudara-saudara yang mendapatkan Kenaikan Pangkat baik Reguler maupun Penghargaan. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, berterima kasih kepada Orangtua, Keluarga khususnya Istri/Suami dan anak-anak, Almamater dan berterima kasih kepada lingkungan yang telah menjadikan kita semua mampu meraih sukses seperti saat ini.

Pada Periode 1 Januari 2022 kali ini Personel Polres Sanggau yang memperoleh Kenaikan Pangkat Reguler, Percepatan serta Pengabdian sebanyak 53 Personel terdiri dari 1 orang dari AKP ke KOMPOL, 6 orang dari IPTU ke AKP, 8 orang dari IPDA ke IPTU, 2 orang dari AIPTU ke IPDA HAR, 13 orang dari AIPDA ke AIPTU, 13 orang dari BRIPKA ke AIPDA, 8 orang dari BRIGPOL ke BRIPKA dan 2 orang dari BRIPDA ke BRIPTU.

AKBP Ade Kuncoro menyebutkan bahwa Kenaikan Pangkat merupakan sebuah bentuk penghormatan dan penghargaan serta peningkatan kesejahteraan yang diberikan Negara kepada Personil Polri maupun PNS Polri yang mampu menunjukkan Prestasi dan Dedikasinya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri No. 03 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Polri dengan melalui proses usulan kenaikan pangkat. Oleh karena itu, Kenaikan Pangkat membawa konsekuensi yang harus dipenuhi, semakin tinggi pangkat, semakin tinggi tanggung jawab yang diemban.


“Sejalan dengan itu, maka kompetensinya harus semakin meningkat. Kompetensi di sini meliputi Pengetahuan (Knowledge), Keterampilan (Skill), serta Sikap dan Perilaku (Attitude) dalam menghadapi tantangan tugas yang dinamis serta sesusai dengan perkembangan zaman sebagaimana Program bapak Kapolri yaitu Transformasi Menuju Polri Yang Presisi,” jelasnya.

Kapolres Sanggau berpesan kepada seluruh anggota Polres Sanggau untuk menjaga dan memelihara marwah Institusi Polri, memiliki Integritas, Inovatif, terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan serta tidak melakukan Pelanggaran di Tahun 2022 ini, baik pelanggaran Disiplin, Kode Etik maupun pidana.

“Mari kita laksanakan tugas yang diamanahkan kepada kita dengan sebaikbaiknya,” ajaknya.

AKBP Ade Kuncoro menambahkan selain itu kita patut berbangga dan bisa dijadikan panutan dan contoh bagi semua, bahwa ada Dua Personel Polres Sanggau yang mendapat Kenaikan Pangkat Penghargaan satu tingkat lebih tinggi dari AIPTU menjadi IPDA Penghargaan, yaitu IPDA Har Sarjiman dan IPDA Har Suwandi yang keduanya akan memasuki masa Pensiun pada 1 Februari 2022 ini, namun masih memiliki semangat kerja dan dedikasi yang tinggi bagi Institusi Polri.

Kenaikan Pangkat bagi Personil Polri di Polres Sanggau telah melalui tahapan sebagaimana ketentuan kenaikan pangkat Polri dan PNS Polri, baik melalui penilaian Sistem Manajemen Kinerja, Sikap dan Perilaku sehari-hari serta Prestasi yang ditunjukkan Personil termasuk  Kode Etik serta Penilaian 13 Komponen dan melalui hasil Wanjak secara berjenjang.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan keluarga yang juga ikut merasakan kebahagiaan atas kenaikan Pangkat yang diraih, penuhi segala tanggung jawab dan kewajiban sesuai Pangkat yang disandang saat ini untuk mewujudkan Polri yang lebih baik,” ujar Kapolres.

Mengakhiri Amanatnya, Kapolres Sanggau menyampaikan khusus kepada Tim Vaksinator Polres Sanggau yang terdiri dari Personel Polres Sanggau, Tenaga Medis Mitra dan Tenaga Medis Relawan yang berjumlah 21 orang ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja tulus dan ikhlas yang rekan-rekan lakukan.

“Penghargaan yang saya berikan ini diharapkan juga dapat memacu semangat anggota lainnya untuk bekerja lebih baik lagi untuk kepentingan Masyarakat, Bangsa dan Negara,” ucapnya.

“Mari kita bersama-sama menyongsong Tahun Baru 2022 dengan segenap kemampuan yang kita miliki, semoga apa yang kita jadikan sebagai resolusi di Tahun ini dapat memperbaiki kualitas kehidupan kita sebagai warga Negara tauladan dan berkualitas serta insan Bhayangkara Sejati dibandingkan dengan Tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya.

Usai kegiatan Upacara Korps Raport dan Pemberian Piagam Penghargaan dilanjutkan dengan tradisi penyiraman air kembang dan ucapan Selamat kepada peserta Korps Raport yang dilakukan oleh Kapolres Sanggau bersama PJU Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya