» » » Kapolres Sanggau Pimpin Apel Pengecekan Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana Tahun 2022

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Pengecekan Sarpras Dalam Rangka Antisipasi Bencana Tahun 2022

Penulis By on Senin, 17 Januari 2022 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar apel pengecekan sarana dan prasarana dalam rangka Antisipasi Bencana Alam Tahun 2022 di Wilayah Hukum Polres Sanggau. Pelaksanaan Apel dilaksanakan di Halaman Mapolres Sanggau, Senin (17/1) pagi.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K dan Komandan Apel Ipda Sukadi serta dihadiri PJU, Perwira Polres Sanggau serta Pleton Polres Sanggau dan Peleton Manggala Agni.

Dalam Amanatnya, Kapolres Sanggau mengatakan Apel Pengecekan Sarpras Antisipasi Bencana Tahun 2022 diselenggarakan secara serentak diseluruh Jajaran Polres Sanggau.

“Apel Pengecekan Sarpras ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan kesiapan kita dalam rangka penanganan bencana Tahun 2022, baik pada aspek Personil maupun sarana prasarana serta kertelibatan Unsur Terkait,” ucapnya.

Kapolres Sanggau menyebutkan, Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah diwilayah masing-masing khususnya Kabupaten Sanggau, yang memiliki karakter bencana alam yang khusus, bencana alam yang sering terjadi sesuai dengan kalender Kamtibmas.

“Dari Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempredeksi fenomena La Nina berlangsung hingga pertengahan Tahun 2022, apabila musim penghujan yang berlebihan akan terjadi banjir di beberapa tempat khusunya di Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.


La Lina, Lanjut AKBP Ade Kuncoro, merupakan salah satu penyebab peningkatan curah hujan dan di wilayah Kabupaten Sanggau daerah yang rawan bencana seperti bencana banjir yang sering terjadi, contohnya yang kita alami dibulan Oktober dan November Tahun 2021.

“Faktor terjadinya banjir kita semua tahu, bahwa dari sekian luas wilayah yang menjadi perkebunan, faktor itulah sebagai salah satu pecetus atau penyebab terjadinya bencana alam banjir apabila terjadinya curah hujan yang cukup banyak,” katanya.

Kapolres Sanggau mengungkapkan, Apel Kesiapan Bencana ini dilaksankan sesuai dengan kondisi dan potensi ancaman, saya berharap melalui rencana kita dapat lebih siap, lebih siaga dan memiliki kewaspadaan dalam menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu.

“Kita harus tingkatkan kesiapsiagan sehingga apabila terjadi bencana sudah siap, masyarakat juga diharapkan dapat menjaga kesadaran adanya kesiapsiagaan serta terbiasa melakukan upaya Mitigasi bencana sehingga dapat meminimalisir adanya Korban apabila ada bencana alam,” pesan AKBP Ade Kuncoro.

Mengakhiri Amanatnya, Kapolres Sanggau menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, Pertama Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, kedua Karakteristik Geografis, Iklim dan cuaca disetiap tempat berbeda termasuk Kabupaten Sanggau, pada saat kemarau potensi bencana alam kebakaran hutan dan lahan. Pada saat cuaca hujan terjadi banjir dibeberapa Kecamatan, oleh karenanya Sarpras pun disesuaikan dengan jenis bencana alam yang terjadi di Kabupaten Sanggau.

“Ketiga, Dengan terjadinya banjir secara langsung akan berdampak pada kegiatan masyarakat sehari-hari serta akan mengganggu perekonomian terutama arus lalu lintas, Keempat, Aparat yang berada diwilayah harus peduli terhadap lingkungan dan mempunyai kesiapsiagaan serta selalu melatih kemampuan dalam penanggulangan bencana sehingga sewaktu-waktu dibutuh kita siap, Kelima, Jaga dan rawat seluruh Sarpras yang ada sehingga dapat memperpanjang usia pakai dan Sarpras tersebut siap digunakan kapanpun dan dimanapun dan yang Keenam, Mengingat Pandemi Covid-19 yang masih ditengah kita dan muncul varian baru Covid-19 yang rentan, menimbulkan lonjakan cluster, maka dari itu pendisiplinan Protokol kesehatan harus ketat diberlakukan,” tambahnya.

Setelah pelaksanaan Apel dilanjutkan dengan pengecekan Sarpras Penanganan Bencana.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya