» » » Kegiatan Audiensi Kapolres Sanggau bersama Bawaslu Kabupaten Sanggau

Kegiatan Audiensi Kapolres Sanggau bersama Bawaslu Kabupaten Sanggau

Penulis By on Rabu, 16 Maret 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Basemen Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Audiensi Kapolres Sanggau bersama Bawaslu Kabupaten Sanggau, Rabu (16/3) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau Alipius, SH beserta 4 anggota dan diikuti Kabagsumda Polres Sanggau Kompol Suparwoto, S.IP, Kabagren Polres Sanggau Kompol Dwi Karno, Kasatsamapta Polres Sanggau AKP Sri Mulyono, Kasatintelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto dan Kanit I Satintelkam Aiptu Adi Kusuma Jaya.

Dalam pembahasan tersebut, Kapolres Sanggau menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Ketua dan komisioner Bawaslu atas kegiatan Audensi dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Kami Polres Sanggau akan siap mengawal dan melaksanakan pengamanan seluruh rangkaian tahapan pemilu serentak 2024,” ucapnya.

AKBP Ade Kuncoro mengungkapkan akan memperkuat kerjasama dalam penanganan penegakan Hukum bersama Bawaslu terkait dengan pelanggaran pemilu yang terpusat dengan Gakkumdu.

Ia berharap pelanggarangan mapun tindak pidana pemilu dapat diminimalisir dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keikut sertaan pemilu.

“Adapun Obyek yang akan menjadi pengamanan seperti dari orang, tempat dan barang seperti adanya pengaman Melekat terhadap Paslon, Pengamanan terhadap dsitribusi Logistik pengamanan TPS, pengamanan Kantor KPU dan Kantor Bawaslu,” ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Sanggau menyampaikan bahwa kegiatan Audensi dengan pihak Polres merupakan kegiatan rutin dari bawaslu untuk memperkuat kerjasama dalam pengawasan dan penegakan hukum terkait pelaksanaan pemilu.

Pihak Bawaslu dalam menghadapi pemilu serentak ini akan membuat Indeks kerawanan suatu daerah dan nantinya akan menjadi refrensi/perhatian khusus pelaksanaan pemilu.

“Dengan dilaksanakan audensi ini Bawaslu berharap dapat menjalin kerjasama terkait dengan pelanggaran pidana dengan Gakkumdu (Penegakan Hukum terpadu),” katanya.

Pihak Bawaslu, Lanjut Alipius, dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 ini telah membuat program yaitu dengan membuat kelompok masyarakat di desa untuk mengawasi pelaksanaan pemilu agar pelanggaran Pemilu  nanti akan dapat diminimalisir.

“Selain itu ada juga kelompok kalangan generasi millenial yang beperan untuk memberikan edukasi positif terhadap masyarakat untuk meningkat partisipasi masyarakat dalam pemilu. Kami telah bekerjasama dengan Instansi terkait yaitu Kesbangpol dalam partisipasi Masyarakat dalam menghadapi Pemilu yang dilaksanakan di seluruh Kecamatan,” tutupnya.

Dilaksanakannya kegiatan Audiensi Kapolres Sanggau bersama Bawaslu Kabupaten Sanggau dengan maksud dan tujuan untuk menjalin kerjasama dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2024 agar dapat berjalan dengan aman dan lancar khususnya diwilayah Kabupaten Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya