» » » Jelang Idul Fitri, Polres Sanggau Gelar Apel Ops Ketupat Kepuas 2022

Jelang Idul Fitri, Polres Sanggau Gelar Apel Ops Ketupat Kepuas 2022

Penulis By on Jumat, 22 April 2022 | No comments


Polres Sanggau - Kepolisian Resort Sanggau menggelar Apel Operasi Ketupat Kapuas 2022 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022”, pada Jumat (22/4) pagi.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Kapuas 2022 dilaksanakan di Halaman Mapolres Sanggau.

Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si serta dihadiri Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.IK, Kasdim 1204 Sanggau Mayor Czi Budi Rahardi, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, S.Sos, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron, S.Sos, Kasatpol PP Victorianus dan diikuti oleh Pleton Kodim 1204 Sanggau, Pleton Polres Sanggau, Pleton Satpol PP Kabupaten Sanggau, Pleton Dishub Kabupaten Sanggau, Pleton BPBD Kabupaten Sanggau, Pleton Ormas Pemuda Pancasila, Pleton Manggala Agni dan Pleton Ormas OMK Sanggau/Ormas POM Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau selalu Pimpinan Apel membacakan Amanat Kapolri diantaranya Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2022 dan juga menetapkan cuti bersama tanggal 29 April dan 4 s/d 6 Mei 2022.

“Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan Idul Fitri dengan tidak melakukan penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik,” ucapnya.

Dalam amanat Kapolri, Wakil Bupati Sanggau mengatakan Bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Idul Fitri 1443 H Th. 2022.

“Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d. 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu,” ucapnya.

Berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H /tahun 2022 harus diantisipasi, kita harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.


Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2022 serta surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemic Covid-19, yang berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

Operasi “Ketupat-2022” harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022”, yaitu sebagai berikut: Pertama, jaga stamina dan kesehatan mental, beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME; Kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif. Ketiga, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Keempat, Gelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di Titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.

Kelima, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut. Keenam dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi. Ketujuh, satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga. Kedelapan, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri amanat ini, Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022” sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan ini, kepada umat Islam saya mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dan Merayakan Idul Fitri 1443 H/2022”.

Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan dalam rangka sinergitas semua pihak (stakeholder) dalam menjamin masyarakat aman dan sehat saat perayaan Idul Fitri 1443 H Th. 2022.

Ia menambahkan untuk di Polres Sanggau sendiri telah mengerahkan 60 Personil yang bertugas selama pelaksanaan operasi Ketupat dengan menempatkan sebanyak 4 Pos Perbatasan baik Perbatasa Negara maupun Perbatasan antar Kabupaten.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya