» » » Kapolsek Meliau Hadiri Ziarah Makam Pahlawan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Sanggau di Kecamatan Meliau

Kapolsek Meliau Hadiri Ziarah Makam Pahlawan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kota Sanggau di Kecamatan Meliau

Penulis By on Jumat, 01 April 2022 | No comments


Polres Sanggau - Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si beserta rombongan melaksanakan Ziarah ke makam Pahlawan Pangsuma di Dusun Meliau Hilir Desa Meliau Hilir Kecamatan Meliau dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sanggau ke 406, Jumat (1/4) pagi.

Wakil Bupati Sanggau dalam sambutannya mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu guna mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan keutuhan negara serta memupuk semangat para generasi muda agar menghormati para pahlawan dan mengisi pembangunan melalui kegiatan positif demi kemajuan bangsa dan negara.

“Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sanggau, Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan berbagai kegiatan berupa perlombaan olahraga dan seni serta ziarah ke makam para pahlawan, makam para Raja, dan situs-situs sejarah di Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Yohanes Ontot juga memberikan himbauan bahwa dalam frame Sabang Merah agar segenap lapisan masyarakat tetap bersinergi antar etnis dan antar agama sehingga mewujudkan kekuatan besar dalam membangun Kota Sanggau.

“Pemerintah Kabupaten Sanggau akan membangun alun-alun Kota Sanggau dan membuat monumen Pahlawan Pangsuma. Monumen tersebut akan ditempatkan berdampingan dengan patung Bung Karno serta patung Raja Melayu,” ujarnya.


Wakil Bupati Sanggau meminta kepada keluarga Pangsuma agar memberikan informasi sedetail mungkin aksesoris yang dipergunakan Pangsuma sehari-hari sehingga patung Pangsuma dapat semirip mungkin seperti aslinya.

“Saya minta Masyarakat Meliau harus taan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19, terkait hal tersebut maka peringatan HUT Kabupaten Sanggau tidak diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan masyarakat,” ungkapnya.

“Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di Kecamatan Meliau dan menghimbau umat beragama lain agar menghormati umat Islam yang sedang berpuasa,” pungkasnya.

Kapolsek Meliau Iptu Nana Supriatna yang menghadiri kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengisi HUT Kabupaten Sanggau dengan berziarah ke makam Pangsuma Meliau.

“Dalam kegiatan Ziarah tersebut kita berikan pengamanan oleh Polsek Meliau bersama Anggota Sat Intelkam Polres Sanggau, Satpol PP Sanggau serta anggota Koramil Meliau dan Ormas PDKS Kecamatan Meliau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya