» » » Pengamanan Ritual Adat Suku Kodant Dalam Rangka Hari Jadi Kota Sanggau ke-406 Tahun 2022

Pengamanan Ritual Adat Suku Kodant Dalam Rangka Hari Jadi Kota Sanggau ke-406 Tahun 2022

Penulis By on Sabtu, 02 April 2022 | No comments


Polres Sanggau - Pleton Siaga Polres Sanggau Polda Kalbar melaksanakan pengamanan Ritual Adat Suku Kodant dalam rangka Hari Jadi Kota Sanggau ke-406 Tahun 2022 yang dilaskanakan di Kawasan Rumah Betang Dorik M’Pulor Sanggau, Sabtu (2/4) pagi.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka, MM, Kadis Dikbud Sudarsono, S.AP Ketua Harian DAD Kab. Sanggau M. Ajau, Sekjen DAD Urbanus, S.Sos, Ormas PDKS dan Panitia Ritual Adat Suku Kodant.

Kegiatan Pengamanan sendiri dipimpin langsung oleh Padal Pam AKP Supriyanto bersama anggota Pleton siaga Regu IX Polres Sanggau.

“Kami laksanakan pengamanan dari dimulai hingga berakhirnya acara ritual tersebut yang mana dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta yang sedang melaksanakan atau mengikuti kegiatan ritual Adat tersebut,” ucapnya.


AKP Supriyanto menambahkan Polres Sanggau sendiri ikut andil dalam menyemarakkan Hari Jadi Kota Sanggau ke-406 dengan cara meberikan Pengamanan pada setiap kegiatan yang digelar.

Kegiatan Ritual Adat Suku Kodant yaitu Ritual Mpokant Podagi atau memberi makan Pedagi/roh leluhur dipimpin oleh Pomang Pedagi Bpk. Taet

AKP Supriyanto menambahkan Ritual Mpokant Podagi dilaksanakan sebagai bentuk puji syukur kepada Tuhan YME dan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur yang telah berjasa membangun Kota Sanggau.

“Ritual Adat Suku Kodant diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kota Sanggau ke-406 Tahun 2022,” pungkasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya