» » » 391 Anggota Polres Sanggau Siap Amankan Pilkades Serentak 2022

391 Anggota Polres Sanggau Siap Amankan Pilkades Serentak 2022

Penulis By on Kamis, 19 Mei 2022 | No comments


Polres Sanggau - Kepolisian Resor Sanggau menyiapkan 391 Anggota untuk melaksanakan pengamanan 23 Desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak 2022, tepatnya pada tanggal 20 Mei 2022 besok.

Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K mengatakan sebanyak 23 Desa yang saat ini yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2022, kemudian untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 180.

“Untuk pengamanan, Polres Sanggau menyiapkan sebanyak 392 Anggota. Dimana 180 Anggota itu khusus kita tempatkan di TPS. Jadi, kita menganut pola rawan tiga, walaupun tidak semua desa itu rawan. Tetapi jumlah Anggota kita cukup untuk mengcover seluruh TPS. Jadi satu TPS satu Anggota,” katanya.

Kapolres Sanggau mengungkapkan Nantinya dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022 ini akan bergabung juga, bersama rekan-rekan dari Kodim 1204/Sanggau termasuk dari Linmas Desa.

"119 Anggota kita siapkan untuk Power On Hand (POH), jadi pasukan POH kita siagakan dan kita siap gerakkan kemana saja wilayah Desa yang nantinya akan muncul konflik,” terang Kapolres.

AKBP Ade Kuncoro menerangkan, dari 191 itu kita bagi menjadi Lima Rayon. Satu rayon di Kecamatan Kapuas sebanyak 20 Anggota untuk mengcover Kecamatan Kapuas dan Mukok. Kemudian satu rayon di Kecamatan Parindu disiapkan sebanyak 20 Anggota itu untuk mengcover Parindu dengan Meliau.

"Kemudian satu rayon Kecamatan Tayan Hilir sebanyak 20 Anggota juga kita siagakan, untuk mengcover Kecamatan Tayan Hilir, Batang Tarang dan Toba. Selanjutnya saru Rayon Kecamatan Kembayan itu kita siapkan untuk mengcover Kembayan dan Kecamatan Noyan,” ucapnya.

"Dan satu rayonnya di Kecamatan Jangkang, kita siapkan juga sebanyak 20 Anggota fokus untuk wilayah Polsek Jangkang," tambah Kapolres.

Pihaknya juga menyiapkan perwira pengamat wilayah sebanyak 23 orang, yang nantinya ditugaskan ke Desa-Desa yang melaksanakan Pilkades.

“Jadi Perwira Pengamat bertugas untuk mengamati pelaksanaan pengamanan ditingkat Desa, mengecek kehadiran Anggota kita yang melaksanakan keamanan di TPS-TPS, diluar itu, ada 11 orang lagi untuk operator di posko pengamanan kita ditingkat Polres,” ungkap AKBP Ade Kuncoro.

Kapolres berharap pengamanan Pilkades ini berjalan aman dan lancar, walaupun memang ada hasil monitoring akhir ada 8 Desa memilik potensi kerawanan lebih dibandingkan lain.

"Di Kecamatan Kapuas ini ada 4, di Meliau ada 2, di Toba ada 1, kemudian di Noyan ada 1. Saya harap semua calon Kepala Desa bisa fair dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2022. Bertarunglah dengan sehat,” tukasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya