» » » Satbinmas Polres Sanggau Lakukan Monitoring dan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Satbinmas Polres Sanggau Lakukan Monitoring dan Pengecekan Hewan Ternak Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Penulis By on Rabu, 18 Mei 2022 | No comments


Polres Sanggau - Anggota Satbinmas Polres Sanggau melakukan kegiatan monitoring dan pengecekan Hewan Ternak Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Rabu (18/5).

Kegiatan dilaskanakan oleh Aiptu Suharto bersama Briptu Reza Zulfiandri di Kandang Sdr. Cacak selaku pedagang/pengepul Sapi di wilayah Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Adapaun hasil yang didapat yakni Seluruh Sapi yang berada dikandang sdr. Cacak dalam keadaan sehat, tidak ditemukan gejala atau ciri-ciri sapi yang terserang PMK.

“Sapi-sapi yang ada di kandang sdr. Cacak merupakan sapi lokal, bukan sapi yang didatangkan dr luar daerah. Sapi tersebut secara rutin mendapat pengawasan petugas dari Disbunnak Kabupaten Sanggau,” ucap Aiptu Suharto.

Dalam kegiatan tersebut juga, Aiptu Suharto menghimbau kepada pemilik ternak Jika menemukan ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternaknya agar segera menghubungi pihak Disbunnak maupun Dokter hewan yang ada serta selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit.

“Kami berpesan agar tidak menerima atau membeli hewan ternak/sapi dari daerah lain khususnya daerah yang teridikasi terserang wabah PMK, terus lakukan koordinasi dengan pihak Disbunnak Kabupaten Sanggau untuk memastikan sapi dalam keadaan sehat,” pesan Aiptu Suharto.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya