» » » Antisipasi PMK Bripka Novi Iswandi Sosialisasikan Pencegahannya

Antisipasi PMK Bripka Novi Iswandi Sosialisasikan Pencegahannya

Penulis By on Jumat, 08 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Polsek Sekayam Polres Sanggau melakukan sosialisasi tentang cara pemeliharaan hewan ternak berkuku genap atau belah yang benar agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada peternak sapi di Desa Bungkang.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Jumat 8 Juli 2022 oleh Bhabinkamtibmas Desa Bungkang Bripka Novi Iswandi dengan mendatangi peternakan sapi milik Warga Desa Bungkang Kecamatan Sekayam.

Bripka Novi mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan agar peternak sapi memahami cara penanganan dan antisipasi dini terhadap PMK yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Selain itu, Bhabinkamtibmas berharap, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut, peternak juga dapat mengetahui dan mengerti tentang ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK serta mampu mengatasinya dengan pendampingan dari petugas kesehatan hewan terdekat.

“Pada saat kunjungan ke peternakan sapi milik warga, kita sampaikan langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Sekayam,” ujar Bripka Novi.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa setelah dilakukan pengecekan hewan ternak sapi warga yang dikunjungi dalam kondisi sehat, namun kami tetap menghimbau agar peternak meminta pendampingan petugas kesehatan hewan terdekat agar kondisi kesehatan ternaknya tetap terjaga.

Sementara itu, Warga pemilik peternakan sapi mengaku sangat berterimakasih dengan adanya sosialisasi ini dirinya kini merasa paham tentang bagaimana cara menjaga kebersihan kondisi kandang maupun hewan ternaknya agar terhindar dari penyakit menular pada hewan tersebut.

“Saya selaku pemilik kandang sapi secara pribadi merasa bersyukur karena bapak-bapak petugas kepolisian Polsek Sekayam ini telah memberikan semacam pengetahuan tentang bagaimana cara pemeliharaan serta menjaga kebersihan ternak dan kandang agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku,” tandasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya