» » » Sambangi Peternak, Bripka Agus Ariyanto Sosialisasikan Tentang PMK

Sambangi Peternak, Bripka Agus Ariyanto Sosialisasikan Tentang PMK

Penulis By on Jumat, 08 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bhabinkamtibmas Desa Binjai Polsek Tayan Hulu Bripka Agus Ariyanto melaksanakan sambang dengan peternak kambing milik Sdri. Suwarni di Desa Binjai Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, Jumat (8/7) pagi.

Kegiatan sambang dan bertemu warga para peternak sapi di Desa binaan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Agus Ariyanto dalam rangka melakukan sosialisasi kepada warga tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap seperti sapi yang saat ini sedang mewabah.

Pada kegiatan ini, Bripka Agus Ariyanto menghimbau warga agar selalu memantau dan menjaga kebersihan kandang maupun hewan ternaknya serta mengenali sejak dini ciri-ciri  hewan sapi yang terserang PMK yang penularanya sangat cepat.

Dierinya juga meminta kepada warga apabila menemukan gejala-gejala PMK pada hewan ternak sapi, agar segera melaporkannya ke Perangkat Desa atau bisa juga lapor kepada Bhabinkamtibmas supaya segera mendapatkan penanganan oleh instansi terkait.

“Meskipun Penyakit Mulut dan Kuku tersebut tidak menular kepada manusia, namun tetap bisa menular kepada hewan ternak lainya,” ucap Bripka Agus Ariyanto.

Kapolsek Tayan Hulu Iptu Robin Talib, S.Tr.K mengatakan Saat ini sedang marak PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan ternak khususnya sapi.

“Meskipun sampai saat ini untuk di Kecamatan Tayan Hulu sampai saat ini belum ditemukan kasus PMK, namun perlu kita waspadai dan antisipasi bersama mengingat penyebarannya sangat cepat,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya