» » » Cegah Penyebaran PMK Satgas OPS Aman Nusa II Polresta Pontianak Polda Kalbar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Penyebaran PMK Satgas OPS Aman Nusa II Polresta Pontianak Polda Kalbar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Penulis By on Selasa, 12 Juli 2022 | No comments


Kepolisian Resort Kota Pontianak laksanakan Operasi Aman Nusa II secara terpusat terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Hal ini merupakan dukungan Polri yakni Polresta Pontianak  terhadap kebijakan Pemerintah dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku, sesuai dengan surat edaran Satgas Penanganan PMK Nomor 2 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku. Senin, (11/7).
 
Terdapat Beberapa Satgas dalam Operasi tersebut, seperti yang dilakukan oleh Satgas Ban Ops Aman Nusa II PMK Polresta Pontianak melakukan sambang serta melakukan edukasi tentang penanganan PMK dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kandang sapi milik Bapak Samsu di Gang Trijaya Kel. Sungai Jawi   Kecamatan Pontianak Kota, menyebarkan brosur himbauan tentang Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak Sapi, kambing dan babi dipasar Dahlia Pontianak Barat, Senin (11/07/2022).
 
“Pencegahan PMK ini kami lakukan dengan cara memberikan edukasi kepada penggiat peternakan dalam hal pencegahan awal seperti mengkarantina hewan jika terdapat ciri-ciri PMK dan selanjutnya menghubungi Satgas Ops Aman Nusa II agar dilakukan tindakan Testing bersama Dinas Peternakan Kota Pontianak, ungkap Kapolresta Pontianak melalui Kasat Binmas AKP SUHARTO,  saat memimpin kegiatan tersebut.
 
Selanjutnya Satgas lakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area kandang ternak untuk mencegah penularan PMK serta mengecek kesehatan beberapa tempat Kandang sapi dan tidak lupa kita sampaikan edukasi kebersihan di area kandang agar hewan ternak tetap sehat dan aman dari pencegahan penyakit mulut dan kuku,” terangnya.
 
Sementara itu, Bapak Samsu mengucapan terimakasih kepada Satgas Polresta Pontianak beserta Tim yang sudah meberikan informasi tentang pencegahan PMK serta mengecek kesahatan hewan ternaknya dan melakukan penyemprotan disinfektan di area kandang ternaknya.
 
“Penjelasan yang saya dapati dari Polresta Pontianak  beserta Tim dalam rangka Ops Aman Nusa II sangat jelas, sehingga saya tahu yang akan saya lakukan terhadap hewan ternak saya jika terdapat tanda-tanda PMK, dan saya akan membantu pihak Polresta Pontianak  untuk memberikan edukasi PMK ini kepada teman-teman saya yang memelihara hewan ternak,” imbuhnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya